Pentingnya Nutrisi Ibu Hamil untuk Masa Depan Bangsa

 

( Foto : WordPress )

Program peduli 1000 hari pertama kehidupan sudah sejak beberapa tahun lalu dicanangkan oleh berbagai negara. Di Indonesia sendiri Departemen Kesehatan dan Departemen Pendidikan turut memperhatikan kualitas 1000 hari pertama kehidupan sebagai suatu periode terpenting untuk peningkatan kualitas kesehatan dan kecerdasan masyarakat. Salah satunya adalah usaha untuk meningkatkan kesadaran para ibu hamil atas asupan nutrisi yang cukup, seperti zat besi, seng yodium, kolin, asam folat dan berbagi vitamin. Seluruh nutrisi tersebut sangat dibutuhkan dikarenakan manfaat-manfaatnya yang sangat penting untuk pembentukan dan pertumbuhan seluruh organ tubuh. Seperti halnya manfaat asam folat untuk ibu hamil yang mampu mencegah kemungkinan cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang.

 

Apa itu 1000 hari pertama kehidupan ?

1000 hari pertama kehidupan dimulai dari masa kehamilan sampai dengan ulang tahun anak yang ke 2 tahun. Pada masa ini fondasi kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan saraf yang optimal untuk keberlangsungan hidup ditetapkan. Kekurangan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan akan mengakibatkan minimnya kualitas kesehatan dan kemampuan otak seseorang di sepanjang hidupnya.

 

Hubungan 1000 hari pertama kehidupan dengan Bonus Demografi ?

Pada tahun 2020 – 2036 diperkirakan bahwa Indonesia akan mencapai bonus demografi, yaitu kondisi jumlah penduduk usia produktif berada di posisi tertinggi. Dengan banyaknya penduduk usia produktif maka diharapkan mampu membawa bangsa Indonesia ke masa kejayaan. Oleh karenanya untuk mencapai harapan tersebut dibutuhkan penduduk usia produktif yang memiliki kualitas yang baik, dan itu dapat dicapai dari kualitas 1000 hari pertama kehidupan yang maksimal.

 

Pemenuhan Nutrisi Untuk Ibu Hamil.

Sekitar 25 persen sel otak manusia dewasa terbentuk pada saat janin, dan 70 persen terbentuk pada usia 2 tahun, sedangkan sisanya selasai dibentuk pada saat usia 5 tahun. Untuk itu pemenuhan nutrisi ibu hamil wajib hukumnya. Nutrisi terpenting yang harus dipenuhi pada saat kehamilan adalah protein, karbohidrat, kalsium, asam folat, dan zat besi. Beberapa usaha telah dilakukan oleh Departmen Kesehatan guna meningkatkan kualitas nutrisi ibu hamil, salah satunya adalah pelayanan antenatal untuk Ibu hamil minimal 4 kali sepanjang masa kehamilan (K4). Pada saat pemberian pelayanan antenatal ibu hamil diberikan serangkaian pengecekan seperti penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran tekanan darah, pengukuran status gizi, pengukuran tinggi fundus uteri, pengecekan janin dan denyut jantung janin,  pemberian tablet penambah darah sebanyak 90 tablet sepanjang masa kehamilan, dan test laboratorium.

( Foto : Blogspot )

Melihat pentingnya nutrisi Ibu hamil bagi kemajuan bangsa, maka kewajiban untuk peduli akan 1000 hari pertama kehidupan tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah melainkan juga seluruh masyarakat. Dukungan berupa moril maupun materil untuk Ibu hamil sangat penting untuk terciptanya 1000 hari pertama kehidupan yang berkualitas.

 

Beberapa gerakan yang bisa dilakukan masyarakat umum untuk mendukung 1000 hari pertama kehidupan, di antaranya ;

  • Donasi bahan makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil,
  • Donasi berupa multivitamin untuk ibu hamil, seperti contohnya asam folat yang memiliki peran penting dalam pembentukan organ manusia : https://review.bukalapak.com/mom/ibu-hamil-ini-manfaat-yang-kamu-dapat-jika-rajin-mengonsumsi-asam-folat-19138
  • Sosialisasi pentingnya pemenuhan nutrisi ibu hamil melalui konten youtube, media sosial, blog, dan media lainnya
  • Mendukung ibu hamil secara moril, agar ibu hamil tetap memiliki pikiran yang positif dan tetap semangat dalam mengkonsumsi makanan bernutrisi.

 

 

 

 

 

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan