Penyebab Bayi Cacat Sejak Lahir yang Perlu Diketahui

Setiap orang tua menginginkan memiliki anak yang terlahir sempurna dan sehat. Namun ada beberapa bayi yang dilahirkan memiliki kekurangan baik fisik maupun mental. Bayi cacat sejak lahir masih kerap terjadi bukan hanya di pelosok negeri namun juga di perkotaan. Beberapa faktor diselidiki menjadi penyebab terjadinya kejadian ini dengan tujuan dapat menjadi informasi bagi para calon orang tua agar dapat menghindari kemungkinan hal tersebut terjadi pada calon bayi mereka.

Salah satu sebab yang banyak mengakibatkan bayi lahir dengan cacat mental atau down syndrome adalah kelainan genetik yang dibawa dari keluarga ayah atau ibu. Ayah atau ibu yang memiliki gen pembawa kelainan genetik ini dapat mengakibatkan bayi lahir dengan kondisi down syndrome meski bisa juga hanya melahirkan bayi pembawa gen tersebut. Dalam hal ini tidak ada yang bisa dilakukan selain dari tetap mensyukuri anugerah tersebut dan menggali potensi lain yang dimiliki sang bayi.

Selain dari kelainan genetik yang dimiliki dari keluarga, ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab bayi cacat sejak lahir yaitu:

  • Penyakit yang diderita ibu sewaktu mengandung.

Penyakit infeksi dapat mempengaruhi keadaan janin yang dikandung si ibu sehingga mengakibatkan perkembangan organ bayi menjadi tidak sempurna. Beberapa penyakit infeksi yang berbahaya yaitu: penyakit cacar, campak, tokso, rubella, torch, gonorhoe, dsb. Usahakan sebelum melakukan program hamil, calon ibu melakukan imunisasi dan pemeriksaan kesehatan sebelumnya.

Baca Juga:Faktor Penyebab Bayi Kembar Siam dan Cara Mencegahnya

  • Paparan radiasi.

Ibu yang bekerja di ruangan dengan radiasi juga dapat mempengaruhi kondisi janin sehingga diharapkan pekerja wanita yang sedang hamil untuk berpindah devisi terlebih dahulu.

Selain penyakit dan radiasi, usia kehamilan juga sangat mempengaruhi perkembangan organ bayi. Faktor ini menjadi penyebab utama bayi lahir cacat terutama bagi bayi yang lahir di usia kehamilan kurang dari 8 bulan. Biasanya bayi lahir prematur kurang dari 8 bulan akan mengakibatkan kebutaan atau gangguan penglihatan, gangguan organ dalam, gangguan sistem motorik dan sebagainya. Bayi dengan kekurangan akibat lahir prematur selain mengalami gangguan fisik juga bisa lebih rentan terhadap penyakit sehingga memerlukan perhatian yang lebih khusus.

Bagaimanapun kondisi bayi Anda, mereka adalah anugerah yang Allah titipkan untuk keluarga. Sudah kewajiban Anda untuk menjaganya dengan baik dan memenuhi kebutuhannya. Bagi bayi cacat sehingga lahir dengan kekurangan, jika terus digali potensinya yang lain akan ditemukan kelebihan yang dapat dijadikan bakat sebagai bekal kelak ia dewasa. Dengan dukungan orang tua dan support keluarga maka siapapun ia akan dapat tumbuh berkembang dengan baik. Bahkan jika Anda lihat, beberapa bayi yang terlahir cacat bisa menjadi inspirasi bagi orang lain dengan menghasilkan karya-karya yang luar biasa di bidang seni, olah raga dan sebagainya.

 

Be Sociable, Share!
 Penyebab Bayi Cacat Sejak Lahir yang Perlu Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *