Penyebab Bayi Cacat yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Semua orangtua ingin anaknya lahir dengan selamat tanpa kurang apapun. Bayi yang sehat dan lahir tanpa cacat adalah dambaan orangtua. Bayi yang lahir catat bukannya tidak bisa untuk dihindari oleh ibu hamil. Terutama ada beberapa hal yang sebenarnya dapat dilakukan oleh ibu hamil ketika sedang mengandung sehingga calon anaknya tidak lahir dalam keadaan cacat. Bayi cacat sendiri ada beberapa alasan, seperti dari faktor genetik, faktor kelainan kromosom, dan juga komplikasi karena mutasi dan kromosom. Beberapa faktor tersebut tentu susah untuk dicegah, tetapi ada beberapa alasan bayi lahir dengan kondisi catat yang masih bisa dicegah selama kehamilan. Sehingga nantinya ibu hamil tidak melahirkan anak yang cacat

Pertama adalah ibu hamil sebaiknya memperhatikan pola hidup yang dilakukannya selama tengah mengandung. Ada beberapa hal yang dilarang dan sebaiknya dihindari selama mengandung seperti:

  • Ibu hamil tidak boleh untuk mengkonsumsi makanan tertentu selama hamil. Misalnya nanas yang tidak baik untuk kandungan karena selain dapat menggugurkan, nanas juga dapat menyebabkan bayi lahir cacat.
  • Ibu hamil tidak boleh memakai high heels, pakaian ketat, melakukan perawatan tubuh di sauna yang bersuhu panas.
  • Ibu hamil tidak boleh minum alkohol dan juga merokok.
  • Dekat dengan binatang peliharaan.

Selain gaya hidup yang tidak boleh dilakukan dan sebaiknya dihindari seperti di atas. Salah satu penyebab bayi cacat adalah karena makanan yang tidak sehat di konsumsinya. Ibu hamil harus selalu mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga akan baik untuk pertumbuhan janinnya. Contoh beberapa makanan sehat yang harus dikonsumsi adalah:

  • Makanan sayuran dan juga buah-buahan yang alami. Sebaiknya hindari bahan ini yang telah disemprot pestisida.
  • Hindari makanan yang mengandung bahan penyedap MSG yang berlebihan.
  • Hindari memakan bahan makanan yang dicampur dengan formalin dan boraks. Sehingga akan lebih baik mengkonsumsi makanan rumah.
  • Hindari juga makanan yang mengandung zat yang berbahaya.

Penyebab selanjutnya mengapa bayi lahir dalam keadaan cacat adalah karena saat kehamilan calon ibu mengalami infeksi. Sehingga menyebabkan anaknya menjadi lahir tidak sempurna secara fisik. Salah satu infeksi yang sering dialami oleh bayi adalah infeksi rubella yang disebabkan oleh lingkungan yang buruk dan juga gizi buruk. Dimana hal tersebut sebenarnya dapat dihindari oleh orangtua khususnya ibu hamil.

Dengan lingkungan yang buruk seperti kotor, masih dapat dibersihkan sehingga tidak akan masalah lagi. Hal tersebut harus dilakukan agar menghindari bayi cacat ketika lahir karena infeksi rubella tersebut. Sedangkan untuk gizi buruk juga dapat dipengaruhi oleh faktor ekonomi, dimana ada yang tidak bisa untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan dan juga tidak bisa melakukan cek rutin kondisi bayi. Hal tersebut sendiri masih bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah.

 

 Penyebab Bayi Cacat yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *