Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Obesitas

Tak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, namun bayi pun bisa mengalami obesitas. Bayi yang terlihat gendut memang menyenangkan, akan tetapi hati-hati jika bayi tersebut merupakan bayi obesitas maka harus segera ditangani dengan baik agar tidak menganggu pertumbuhannya di kemudian hari.

Ada beragam penyebab kenapa bayi bisa mengalami obesitas, salah satunya karena adanya faktor keturunan. Apabila ibu mengalami obesitas, maka apabila bayi juga mengalami obesitas besar kemungkinan karena diturunkan oleh sang ibu.

Pada saat hamil, banyak ibu yang mengalami kelebihan berat badan berlebih, hal ini tentunya memiliki pengaruh atau dampak pada kondisi bayi di dalam rahim. Untuk itu pemeriksaan berat badan ketika hamil tidak boleh diabaikan, apabila kenaikan berat badan sudah melebihi normal, sebaiknya pola makan harus lebih dikontrol.

Bagi ibu yang mempunyai riwayat diabetes juga harus berhati-hati, karena ternyata hal ini juga berpotensi membuat bayi menjadi obesitas dikarenakan adanya kandungan kadar gula yang berlebih dalam darah. Apabila bayi memperoleh asupan gula berlebih, maka bayi akan lebih mudah mengalami obesitas.

Selain itu, ibu juga harus hati-hati ketika memberikan susu formula pada anak, bayi yang mendapatkan asupan susu formula memiliki berat badan yang lebih jika dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI. Dalam susu formula terkandung gula tambahan sehingga bisa menyebabkan bayi obesitas.

Obesitas pada bayi memang menjadi permasalahan yang merisaukan para orangtua. Untuk mencegah adanya obesitas pada bayi, ibu perlu melakukan hal-hal berikut ini:

  • Menimbang Berat Badan

Kontrol berat badan bayi bisa dilakukan sejak masa kehamilan, salah satunya adalah dengan cara selalu menimbangkan berat badan saat hamil. Apabila berat badan sudah terlalu berlebih, segera kontrol pola makan dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan.

  • Memberi ASI

ASI merupakan asupan gizi terbaik bagi bayi, selain lebih sehat untuk bayi, air susu ibu juga mampu menurunkan risiko obesitas pada bayi karena gizi yang ada pada ASI itu memiliki kadar yang tepat dan tidak berlebihan.

  • Mengontrol Pemberian Susu Formula

Sebagian ibu ada yang tak bisa memberikan susu karena beberapa sebab hingga akhirnya terpaksa harus memberikan susu formula pada bayi. Oleh karena itu, untuk mengatur berat badan bayi yang mengonsumsi susu formula, ibu harus bisa mengontrol porsi susu formula yang diminum bayi. Jangan berikan susu formula secara berlebihan, sesuaikan dengan kondisi dan ukuran lambung bayi yang masih kecil.  

  • Mengatur Pola Makan

Bagi bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas, tentunya akan mengonsumsi makanan selain ASI. Ibu harus cermat dalam mengatur pola makan bayi apabila tidak ingin bayi terkena obesitas, selain dengan cara memberikan gizi yang seimbang, juga adalah dengan cara mengatur pola makan bayi secara teratur.

Itulah beberapa penyebab dan cara penanganan bayi obesitas. Jangan anggap remeh kelebihan berat badan pada bayi, karena hal ini bisa memberikan pengaruh buruk pada kesehatan bayi.

 Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Obesitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *