Perawatan Bayi Ketika Sudah Mulai Tumbuh Gigi Susu

Semakin hari pertumbuhan buah hati memang semakin cepat, dibandingkan dengan orang dewasa, maka usia 0 hingga 3 tahun membuat anak-anak bisa tumbuh dengan sangat cepat, dalam berbagai macam aspek, mulai dari tinggi, bobotnya hingga yang yak kalah penting adalah giginya juga sudah mulai nampak. Tak heran jika seandainya perawatan bayi juga menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap saat. Perawatan untuk berbagai macam hal, tak terkecuali adalah untuk gigi mereka.

Gigi menjadi bagian yang sangat penting untuk manusia, digunakan sebagai sarana dalam melakukan pencernaan secara mekanik, dipakai menghaluskan makanan sebelum nantinya masuk kedalam tubuh. Gigi ini umumnya sudah mulai tumbuh setidaknya ketika mereka sudah memasuki angka atau usia 6 bulan, semakin bertambah usianya maka membuat gigi juga semakin penuh mengisi mulutnya, itulah mengapa beberapa ibu sudah tak lagi memberikan makanan cair kepada mereka, melainkan menggantinya dengan yang padat.

Agar gigi tumbuh dengan rapi dan juga selalu bersih, maka berikut ini diantara perawatan bayi di usia-usia tumbuh gigi tersebut, diantaranya adalah:

Baca Juga: Tips Aman dalam Mencari Produk Perawatan Bayi untuk Kulit

  1. Selalu menjaga kebersihan mulutnya, meskipun belum tumbuh gigi, namun pada usia antara 0 hingga 6 bulan umumnya sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa gusi akan segera ditumbuhi dengan gigi, sehingga alangkah baiknya bagi para orang tua untuk selalu menjaga kebersihan mulut si kecil. Salah satunya adalah dengan rajin membersihkan mulut menggunakan kain basah selesai makan.
  2. Sebaiknya batasi memberikan susu dalam botol atau dot, ketika sudah tiba waktunya maka buah hati sudah bisa minum di dalam gelas, maka mulailah untuk memberikan mereka susu di dalam gelas, karena pada dasarnya dot ini bisa membuat pertumbuhan gigi mereka menjadi terhambat, hingga terkadang memicu resiko gigi susu tidak tumbuh.
  3. Jangan memberikan terlalu banyak makanan yang mengandung gula khususnya adalah susu formula yang menjadi kebutuhan wajib bagi si kecil untuk mencukupi asupan nutrisinya. Begitu juga dengan beberapa jenis makanan pendamping seperti halnya bubur ataupun biskuit yang tinggi kandungan gulanya.
  4. Ketika gigi sudah mulai tumbuh maka bunda sudah bisa mengajarkan kebiasaan baik untuk si kecil dalam menyikat gigi, gunakan sikat khusus yang dibekali dengan bulu lembut, untuk yang masih awal sebaiknya jangan pakai pasta gigi terlebih dahulu, barulah ketika sudah agak besar berusia di atas 2 tahun bisa mulai menunjangnya dengan pasta gigi.

Cara mudah tersebut bisa diterapkan untuk membantu si kecil dapatkan gigi yang cantik dan juga bersih. Perawatan bayi nyatanya memang sangat sulit dalam berbagai aspek. Untuk itu bisa ditunjang sedikit demi sedikit, termasuk juga perawatan gigi yang sering kali terabaikan.

 

Be Sociable, Share!
 Perawatan Bayi Ketika Sudah Mulai Tumbuh Gigi Susu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *