Perawatan Bayi: Tips Memandikan Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman

Memiliki bayi yang baru lahir pasti memberikan kegembiraan besar bagi Anda sebagai orang tua dan seluruh keluarga besar. Perlengkapan lengkap untuk sang bayi sudah tersedia untuk menyambut keluarga bayi tersebut. Namun selain membawa kebahagiaan, bayi juga memberikan tanggung jawab pada orang tua dan keluarga. Bayi yang belum bisa apa-apa membutuhkan pertolongan untuk melakukan segala sesuatunya termasuk untuk mandi. Sayangnya tak semua orang memiliki pengalaman memandikan bayi apalagi jika sang ibu baru pertama melahirkan. Bagi Anda ibu baru, berikut ini adalah beberapa tips perawatan bayi terutama untuk cara memandikannya.

Perawatan Bayi: Tips Memandikan Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman 

Pertama-tama sebelum memandikan bayi, pastikan Anda sudah memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan. Untuk tempat mandi bayi, Anda bisa menggunakan ember dengan air hangat suam-suam kuku. Kemudian untuk membersihkan bayi saat mandi, diperlukan sabun, shampoo hingga lotion yang semuanya khusus untuk bayi. Sediakan handuk untuk mengeringkan dengan bahan yang lembut dan tidak mengiritasi. Siapkan tenaga dan keberanian Anda untuk mencoba dan belajar memandikan bayi sendiri agar terbiasa untuk melakukannya setiap hari hingga bayi tumbuh besar dan mandiri. 

Hal yang pertama dilakukan untuk perawatan bayi saat mandi adalah mengisi air di dalam ember dengan air hangat dengan ketinggian minimal 20 cm. Kemudian siapkan sabun dan shampoo di dekat jangkauan Anda. siapkan juga gayung untuk membantu Anda mengguyur sang buah hati meski bisa juga dilakukan dengan tangan. Setelah semuanya siap. Bawalah sang bayi dengan cara digendong dan masukkan perlahan pada ember dimulai dari bagian kakinya. Masukkan tubuh bayi hingga dada saja dan tetap pegangi bagian kepalanya agar tidak ikut masuk ke dalam air. Cara memegangi bayi adalah dengan meletakkan kepala di lengan sedangkan telapak tangan Anda memegangi bahu dan ketiak si bayi untuk menahannya terkena air. 

Setelah bayi dan Anda merasa nyaman, usaplah semua permukaan kulit bayi dengan air hangat di dalam ember tersebut. setelah semuanya basah, usapkan sabun dengan merata menggunakan tangan Anda yang bebas. Berhati-hatilah saat mengaplikasikan shampoo agar tidak masuk ke mata sang bayi. Atau Anda juga bisa menggunakan shampoo khusus yang tidak pedih di mata. Bilaslah sabun dan shampoo menggunakan air hangat bersih hingga kulit bayi bebas dari busa. Angkat sang bayi lalu letakkan di handuk tebal dan lembut untuk dikeringkan.

Lakukan dengan hati-hati agar bayi aman dan nyaman saat dimandikan. Anda bisa belajar cara perawatan bayi terutama untuk memandikannya dari ibu atau orang yang sudah berpengalaman. Jangan takut untuk mencoba karena nantinya moment memandikan bayi akan sangat berharga untuk mendekatkan ikatan batin antara ibu dan anaknya. Sang ayahpun bisa turut membantu memandikan dengan memegangi bayi saat ibu membersihkan kulitnya dengan sabun mandi.

Be Sociable, Share!
 Perawatan Bayi: Tips Memandikan Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *