Perawatan Payudara Pada Masa Kehamilan

alatbayi.net-masa kehamilanMelakukan perawatan payudara pada masa kehamilan harus dilakukan oleh ibu hamil. Karena sesungguhnya perawatan payudara dapat mempengaruhi kelancaran produksi ASI setelah melahirkan, selain itu payudara menjadi lebih kencang.

Selama kehamilan payudara mengalami perubahan, antara lain: lebih besar, kencang dan penuh. Urat-urat di bawah permukaan kulit payudara terlihat lebih jelas, pembuluh darah melebar dan bertambah. Bagian aerola atau daerah sekitar putting susu warnanya lebih gelap. Disekitar putting muncul bintik-bintik putih yaitu kelenjar yang memproduksi minyak yang fungsinya melindungi putting saat menyusui.

Adapun perawatan payudara selama masa kehamilan bertujuan agar payudara selalu dalam kondisi bersih, membuat putting susu menjadi lebih kenyal dan  mencegah putting lecet saat menyusui. Selain itu perawatan bisa membantu mengeluarkan putting yang masuk atau tenggelam.

Waktu Perawatan Payudara Saat Hamil

Perawatan payudara bisa dilakukan pada usia kehamilan 3 bulan dan 6 – 9 bulan.

Perawatan pada waktu usia kehamilan 3 bulan adalah dengan memeriksa apakah putting datar atau masuk ke dalam. Cara mengeceknya adalah dengan memijat dasar putting pelan-pelan. Jika putting normal akan menonjol keluar. Apabila datar maka usahakan agar bisa menonjol, caranya: gunakan kedua jari telunjuk dan ibu jari untuk mengurut sekitar putting. Urutkan ke arah berlawanan menuju dasar payudara hingga ke semua permukaan payudara. Lakukan sehari 2 kali dengan durasi waktu selama 6 menit.

Baca juga: Manfaat Penting Pemberian ASI Eksklusif Bagi Ibu Menyusui

Perawatan payudara memasuki usia kehamilan 6 – 9 bulan bisa dengan cara melakukan pengurutan. Caranya:

  • Cuci terlebih dahulu tangan hingga bersih.
  • Basahi kedua telapak tangan dengan minyak kelapa
  • Lalu bagian putting sampai areola dikompres dengan minyak kelapa selama 2 – 3 menit.
  • Tujuan pengompresan tersebut agar kotoran yang menempel di sekitar putting mudah dibersihkan.
  • Jangan bersihkan putting dengan alcohol, karena bisa menyebabkan putting lecet.
  • Perawatan selanjutnya : kedua putting dipegang lalu ditarik diputar berlawanan dengan jarum jam.
  • Pegang pangkal payudara dengan kedua tangan lalu urut ke arah putting. Lakukan 30x sehari.
  • Lalu pijat kedua areola sampai keluar 1-2 tetes. Setelah itu bersihkan putting menggunakan handuk kering yang bersih.

Pemijatan Payudara

Sebelum melakukan pemijatan bersihkan terlebih dahulu payudara menggunakan air, lalu lanjutkan dengan memijat dengan bantuan minyak kelapa atau zaitun. Pemijatan dilakukan menggunakan kedua tangan bersih. Lakukan pengurutan dengan gerakan memutar seperti jarum jam, lalu berbalik berlawanan dengan jarum jam.

Setelah itu lanjutkan pemijatan dengan mengurut, dimulai dari bagian bawah menuju putting. Bagian putting tidak perlu dipijat karena tidak berkelenjar. Setelah selesai, ketuk payudara memakai ujung jari atau ruas jari.

Selain melakukan perawatan seperti di atas, barengi dengan senam teratur dengan gerakan ringan, dengan catatan tidak mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam perut. Selain itu perawatan payudara pada masa kehamilan bisa dengan menggunakan bra/ BH yang pas dengan bahan yang nyaman.

Be Sociable, Share!
 Perawatan Payudara Pada Masa Kehamilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *