Perkembangan Janin Pada Masa Kehamilan Trimester Ketiga

Seiring bertambahnya usia atau masa kehamilan diikuti semakin bertambah pula perkembangan janin di dalam perut ibu. Mengetahui perkembangan janin sangat diperlukan khususnya ibu hamil, karena dengan mengetahui perkembangan janin otomatis ibu menjadi tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari agar kondisi janin tetap sehat dan kuat.

Dalam artikel ini kita akan membahas perkembangan janin pada masa kehamilan memasuki trimester ketiga.

Penjelasan Singkat Usia Kehamilan Trimester Ketiga

Kehamilan trimester ketiga adalah usia kehamilan antara 7 – 9 bulan. Masa ini merupakan masa akhir kehamilan atau menjelang persalinan. Trimester ketiga sering disebut juga hamil tua.

Memasuki usia kehamilan ini terjadi perubahan secara fisik yaitu perut ibu semakin membesar karena rahim karena janin di dalam perut membesar.  Selain itu muncul kebiasaan baru ibu karena perubahan fisik dan hormone di dalam tubuh.

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan

Memasuki usia kehamilan 7 bulan ditandai dengan melunaknya dinding rahim akibatnya terjadi penebalan lendiri di mulut rahim. Pada usia ini organ dan bagian tubuh janin seperti kaki, tangan, badan dan wajah sudah terlihat hampir sempurna.  Walaupun bagian jari tangan belum bisa dibedakan namun iris mata dan lubang mulut sudah mulai jelas.

Di Indonesia terutama di budaya Jawa usia kehamilan tujuh bulana dalah moment yang penting selama kehamilan. Hal tersebut ditandai dengan diadakannya upacara tujuh bulanan. Upacara tujuh bulanan dilakukan dengan harapan anak yang ada didalam perut ibu lahir dengan selamat, sehat dan tidak ada kekurangan apapun.

Baca Juga: Tips Diet Ibu Hamil yang Harus Dipahami

Perkembangan Janin Usia 8 Bulan

Perubahan fisik yang dialami saat usia kehamilan memasuki 8 bulan adalah semakin membesarnya perut ibu. Sedangkan janin semakin mengalami perkembangan ditandai dengan terbentuknya bakal jari tangan, kaki, telinga, mata dan usus halus.

Sementara itu bagian wajah janin ditandai dengan mulai terbentuknya bibir bagian, ujung hidung dan kelopak mata. Wajah janin semakin berkembang sempurna mendekati proses kelahiran.

Terbentuknya usus halus janin pada usia kehamilan 8 bulan  jika di test melaluiUSG terlihat usus halusnya yang terburai membentuk tonjolan menuju ke tali pusat calon bayi.

Perkembangan Janin Pada Usia 9 Bulan

Usia 9 bulan adalah masa akhir kehamilan, ibu harus sudah siap baik secara fisik dan mental menghadapi persalinan. Pada usia ini anggota dan organ tubuh janin sudah lengkap walaupun fungsinya belum begitu sempurna.

Secara umum janin sudah berbentuk seperti bayi dengan kondisi kepala lebih besar dibandingkan ukuran tubuhnya. Menjelang kehamilan ibu harus mengurangi aktivitasnya yang menguras tenaga dan lebih fokus menghadapi persalinan.

Dan untuk para suami saat istri sudah memasuki masa kehamilan 9 bulan siap-siap menjadi bapak siaga dan selalu siap jika sewaktu-waktu istri mulai merasakan kontraksi. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga proses persalinan Anda berjalan dengan lancar.

 

Be Sociable, Share!
 Perkembangan Janin Pada Masa Kehamilan Trimester Ketiga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *