Home Kesehatan Jangan Sampai Terlewat, Ini Daftar Lengkap Perlengkapan Bayi Untuk MPASI

Jangan Sampai Terlewat, Ini Daftar Lengkap Perlengkapan Bayi Untuk MPASI

by Erin Nuzulia
perlengkapan bayi

Menjelang bayi berusia 6 bulan, maka sebagai orang tua pasti sudah mulai memikirkan tentang makanan pendamping air susu ibu atau biasa disingkat MPASI. Selain tentunya memikirkan komposisi gizi MPASI yang tepat, Anda juga harus mempersiapkan perlengkapan bayi untuk MPASI. Perlengkapan MPASI ini tentunya beragam, namun Anda harus cermat dalam memilih agar kandungan gizi MPASI tidak rusak. Perlengkapan bayi murah bukan berarti murahan asal memang berkualitas.

Untuk menyediakan MPASI sebenarnya tidak harus dengan memasak sendiri. Namun demikian, memasak sendiri untuk MPASI sebenarnya juga tidak serepot yang dibayangkan. Kini sudah banyak alat yang mempermudah Anda untuk membuat MPASI. Berikut beberapa rekomendasi perlengkapan bayi yang baiknya dimiliki untuk MPASI.

Jangan Sampai Terlewat, Ini Daftar Lengkap Perlengkapan Bayi Untuk MPASI

Slow cooker

Slow  cooker ini sangat cocok untuk digunakan bagi para orang tua yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Dengan alat slow cooker ini, Anda tinggal memasukkan semua bahan makanan untuk MPASI kemudian ditambahkan air, atur waktu memasak dan sambungkan ke listrik. Voila! MPASI pun sudah jadi. Prinspi kerja dari slow cooker ini adalah proses pemasakan dengan suhu rendah di dalam pot sehingga membutuhkan waktu yang lama. Kelebihannya, selain bisa ditinggal untuk beraktivitas lain, kandungan gizi dari bahan makanan yang dimasak di slow cooker tidak rusak, rasa lebih enak dan juga matang merata. Sering kali para orang tua menyiapkan dan memasak MPASI menggunakan slow cooker di malam hari agar keesokan paginya MPASI telah matang dan siap untuk diberikan kepada si kecil. Selain untuk memasak MPASI, slow cooker juga bisa digunakan untuk memasak kaldu daging, nasi tim dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Apakah Penting untuk Memiliki Stroller Bayi?

 

Panci dan kukusan

Pilihan lain jika Anda tidak menggunakan slow cooker, maka bisa menggunakan panci dan kukusan. Memang cara ini konvensional, namun tetap lebih menghemat budget ketimbang harus membeli slow cooker baru. Bahan makanan yang biasa dikukus untuk MPASI antara lain sayuran, daging ayam, hati, tahu dan lain sebagainya. Tentunya hal ini agar bahan makanan menjadi lebih lunak dan teksturnya lembut sehingga bisa dikonsumsi buah hati. Kini, kukusan ini juga ada yang versi elektronik khusus untuk mengukus bahan makanan pendamping ASI. Bahkan ada pula yang telah dilengkapi dengan blendernya.

perlengkapan bayi

Blender atau saringan

Setelah makanan telah matang, baik yang dimasak di slow cooker atau panci kukusan, maka langkah selanjutnya adalah mengolah MPASI dengan blender atau saringan. Hal ini karena pada fase pertama bayi makan, tekstur makanannya harus halus dan semi kental agar proses adaptasi pencernaan bayi bisa berjalan maksimal. Saringan yang terbuat dari besi tahan karat akan cenderung aman dan lebih mudah dalam menghaluskan makanan bayi. Namun, tidak menjadi masalah jika Anda menggunakan yang berbahan plastik. Alternatif lain, Anda bisa mengginakan blender untuk melumatkan makanan ananda.

Wadah penyimpanan

Setelah proses memasak selesai, maka penting untuk menyimpan MPASI ke dalam wadah wadah kecil sesuai porsi makan bayi. Dengan tempat dan cara penyimpanan yang benar, MPASI bisa dikonsumsi hingga beberapa hari. Baiknya Anda menggunakan bahan silikon untuk penyimpanan karena bahan ini aman serta mudah dalam penyimpanan.

Peralatan makan

Peralatan makan untuk MPASI ini ada beberapa yang wajib dimiliki. Antara lain mangkok, piring, sendok dan gelas. Gunakan peralatan makan yang food grade dan hindari yang berbahan kaca agar aman digunakan. Peralatan makan yang food grade biasanya dibranding dengan sebutan non-BPA. Selain itu, usahakan untuk memilih warna yang menarik agar si kecil tertarik untuk makan. Pilih lah sendok yang tepat agar si kecil juga nyaman dalam menyantap MPASI. Klik lebih lanjut di sini untuk peralatan lain.

Baca Juga:   Berapa Usia Bayi untuk Bisa Berjalan? Ini Dia Jawabannya!

Celemek bayi

Saat awal pemberian MPASI, kemungkinan si kecil akan makan sedikit berantakan. Oleh karenanya, ada baiknya Anda menyiapkan celemek bayi atau slabber. Hal ini agar MPASI tidak menodai baju sehingga si kecil merasa tidak nyaman. Material celemek ini ada yang berbahan kain, silikon maupun plastik.

perlengkapan bayi

 

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More