Perlunya Memenuhi Kebutuhan Gizi Bayi dari Makanan

Bayi sejak masih di dalam kandungan selalu mendapatkan asupan makanan untuk melengkapi kebutuhan gizinya melalui plasenta yang terhubung dengan kondisi tubuh ibu. Oleh karena itu asupan makan ibu pun perlu dijaga agar bayi bisa memperoleh gizi yang dibutuhkan. Setelah ia dilahirkan, bayi bisa menyerap makanannya sendiri melalui ASI yang diberikan ibu, kemudian setelah usia 6 bulan gizi bayi lebih bisa dipenuhi dengan baik melalui asupan makanan tambahan selain ASI.

Bayi masih berada di tahap pertumbuhan dimana asupan nutrisinya menjadi faktor utama yang mendukung perkembangan optimalnya. Semua organ dan tulang pada bayi belum berkembang secara sempurna termasuk juga otak. Oleh karena itu para orang tua wajib memberikan makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang.

Berikut ini adalah kebutuhan gizi bayi yang penting untuk dicukupi beserta manfaatnya:

  • Karbohidrat.

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi bayi untuk melakukan semua aktivitasnya. Meski bayi dapat dikatakan sedikit beraktivitas, namun kebutuhan karbohidrat perlu dipenuhi agar bisa juga untuk menambah berat badan bayi. Kebutuhan energi bayi sendiri adalah 112 kkal per kilogram berat badan untuk usia bayi 1 sampai 6 bulan.

  • Protein.

Protein sangat dibutuhkan untuk metabolisme sel dan mengganti jaringan yang rusak atau menumbuhkan jaringan baru untuk perkembangan bayi. Kebutuhan protein bayi usia 1 hingga 24 bulan adalah sekitar 20 gram per kilogram berat badan.

Baca juga beberapa makanan yang mesti di makan si bayi agar kebutuhan gizi nya terpenuhi, lihat di sini alatbayi.net

  • Lemak.

Lemak selain berfungsi sebagai penambah kalori dan sumber panas juga berfungsi untuk perkembangan otaknya. Lemak yang dibutuhkan bayi adalah jenis lemak esensial dan juga lemak non esensial.

  • Vitamin.

Kebutuhan vitamin pada bayi termasuk besar namun pada dosis yang kecil. Vitamin yang sangat dibutuhkan antara lain vit A, vit B, vit C, vit D. Vitamin bisa dipenuhi dengan memberikan ASI dan sinar matahari pagi. Untuk bayi usia lebih dari 6 bulan bisa diperkenalkan pada buah sedikit demi sedikit.

Selain kebutuhan di atas, masih ada lagi kebutuhan bayi lainnya yang disebut dengan mineral. Mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil namun manfaatnya sangat besar karena merupakan katalisator berbagai metabolisme. Tanpa mineral pembentukan jaringan atau pembakaran energi menjadi tidak berjalan dengan normal. Mineral yang dibutuhkan adalah iodium, calcium, kalium, magnesium, zinc dan sebagainya.

Kebutuhan gizi bayi yang kurang terpenuhi bisa mengakibatkan bayi tumbuh kurang sempurna dengan menampakkan gejala kurang gizi seperti gangguan pertumbuhan tulang, gondok, perut buncit, lambatnya perkembangan otak hingga gangguan gerak motorik pada bayi. Untuk itu saat bayi baru lahir hingga ia berumur 4 tahun, penuhilah kebutuhan gizinya dengan maksimal agar ia tumbuh menjadi anak yang sehat serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk menangkal penyakit.

Be Sociable, Share!
 Perlunya Memenuhi Kebutuhan Gizi Bayi dari Makanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *