Permudah Persalinan Anda Dengan Senam Hamil

Kehamilan sering membuat tubuh Anda cepat lelah sehingga Anda ingin terus berbaring santai saja di atas sofa. Padahal, tidak bergerak aktif pada masa kehamilan dapat membuat tubuh menjadi tidak bugar sehingga proses persalinan akan menjadi lebih sulit. Dengan melakukan olahraga secara teratur, terutama senam hamil, stamina ibu hamil akan terjaga sehingga tubuh lebih siap menjalani proses persalinan.

Meningkatkan stamina

Senam hamil relatif aman dilakukan sebagian besar ibu hamil pada berbagai usia kehamilan. Latihan-latihannya ditujukan untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan menjaga sistem kardiovaskular.

Bila Anda baru akan mulai melakukan senam setelah hamil, Anda sebaiknya memilih senam hamil, yang memang dirancang khusus untuk ibu hamil. Namun, bila Anda terbiasa melakukan senam aerobik sejak sebelum hamil, maka Anda harus memodifikasi senam Anda dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan gerakan melompat, menendang, dan gerakan lain yang bisa membahayakan kehamilan.

Untuk meningkatkan stamina ibu hamil, senam aerobik dengan ritme lambat (low impact) sangat cocok dilakukan karena tidak melibatkan gerakan menendang dan melompat. Ketiadaan gerakan ini dapat melindungi sendi dan panggul bawah Anda dari tekanan. Terlalu banyak gerakan menendang, berlari, dan melompat selama kehamilan justru berisiko melemahkan otot panggul bawah.

Baca Juga : Manfaat Senam Ibu Hamil

Dengan melakukan senam hamil secara teratur, Anda akan mendapat begitu banyak manfaat, antara lain:

  • Memperkuat sendi
  • Mengencangkan otot
  • Meredakan nyeri yang dirasakan pada masa kehamilan, terutama pada tulang belakang
  • Memperkuat jantung dan paru
  • Membuat tidur lebih nyenyak
  • Menghindarkan dari pertambahan berat badan berlebihan
  • Dari sisi psikologis, senam hamil akan membuat Anda lebih percaya diri dan bersikap lebih positif karena merasa lebih siap dalam menghadapi persalinan
  • Membantu Anda segera kembali ke bentuk badan dan stamina semula.

Bergabung dengan Kelas Senam Hamil

Walaupun Anda dapat melakukannya di rumah dengan panduan video atau buku yang terpercaya, akan lebih baik bila Anda bergabung dengan kelas senam hamil agar mendapatkan hasil yang maksimal. Umumnya instruktur senam adalah bidan yang memang berpengalaman menangani proses persalinan.

Idealnya, senam hamil dilakukan 2-4 kali sepekan selama kurang lebih 30 menit. Gerakan dan latihan pernapasan pada senam ini ditujukan agar tubuh Anda siap menjalani persalinan. Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam kelas senam akan relatif lebih aman karena berada di bawah arahan instruktur berpengalaman.

Selain terpercaya, melakukan senam hamil bersama ibu hamil lain dapat membuat Anda merasa lebih nyaman karena Anda tidak akan kesepian dan dapat bertukar pikiran dengan sesama ibu hamil. Selain senam yang biasa ditawarkan di rumah-rumah sakit ibu dan anak ini, olah tubuh untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan juga dapat dilakukan dengan pilates dan yoga khusus untuk ibu hamil.

Be Sociable, Share!
 Permudah Persalinan Anda Dengan Senam Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *