Pertimbangkan Hal Ini Dulu Sebelum Memilih Ayunan Bayi

Memiliki bayi adalah karunia yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata dan tak bisa terhitung dengan materi. Hal ini lantaran anak adalah anugrah yang terindah yang hanya bisa diberikan oleh Sang Pencipta. Memiliki anak yang tumbuh dengan sehat tentu diharapkan oleh setiap orang tua. Perawatan pun harus dilakukan dengan ekstra sehingga tumbuh kembang anak senantiasa terjaga. Memang ketika bayi rewel adalah tantangan yang besar, namun kini Anda bisa menenangkan si kecil dengan menggunakan ayunan bayi.

Ayunan untuk bayi ini bisa jadi penolong untuk para Ibu yang lelah ketika harus bolak-balik menggendong si kecil kala dirinya rewel. Beberapa manfaat ayunan untuk bayi diantaranya adalah untuk pengusir gerah pada bayi, memberikan rasa relaksasi pada si kecil karena ketika diayun anak merasa seperti digendong. Selain itu, ayunan untuk bayi ini pastinya akan sedikit mengurangi beban sang Ibu sehingga sementara bisa mengistirahatkan bahunya dari menggendong si kecil.

Namun tidak selamanya ayunan bayi ini aman dan nyaman sehingga para orang tua juga perlu waspada. Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk dapat memilih ayunan bagi bayi Anda:

  • Alas

Perhatikan bagian alas dari ayunan tersebut. Hal ini lantaran akan mampu berpengaruh pada tulang si kecil nantinya mengingat tulang bayi yang cenderung masih lembut sehingga dikhawatirkan akan mudah bengkok. Oleh karena itu ayunan tidak boleh terlalu melengkung.

  • Ukuran

Dari segi ukuran, jangan sampai Anda memilih yang kebesaran atau justru kekecilan. Hal ini demi menghindarkan terpelantingnya si kecil ketika diayun. Ayunan yang pas dengan ukuran tubuhnya cenderung akan mampu memberikan kestabilan karena posisi bayi yang statis. Jangan lupa memilih yang ada pembatasannya sehingga bayi bisa terhindarkan dari benturan.

  • Sabuk pengaman

Beberapa produk ayunan untuk bayi kini sudah dilengkapi juga dengan pengaman tambahan berupa sabuk pengaman. Jika memungkinkan, maka Anda lebih baik memilih ayunan dengan sabuk pengaman sehingga bisa semakin mengamankan bayi.

Baca Juga: Dunia Bayi Dan Manfaat Ayunan

  • Tinggi ayunan

Jangan lupa dengan tinggi ayunan. Jangan sampai ayunannya terlalu tinggi karena akan memberikan resiko lebih bagi si kecil untuk jatuh.

  • Berat bayi

Perhatikan ketahanan pada ayunan bayinya mengingat setiap ayunan punya ketahanan berbeda. Untuk ayunan yang standar di pasaran biasanya mampu memberikan batas maksimal hingga 15 kg. Namun hal ini bisa berbeda sesuai dengan bahan dan juga ukuran ayunan. Untuk itu, bandingkan berat bayi Anda dan ketahanan dari ayunannya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli ayunan bayi untuk si kecil. Memperhatikan segala hal secara detil tentu sudah menjadi kewajiban orang tua sehingga anak bisa selalu merasa aman dan nyaman.

Be Sociable, Share!
 Pertimbangkan Hal Ini Dulu Sebelum Memilih Ayunan Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *