Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Pada Usia 12 Sampai 24 Bulan

Perkembangan anak Anda di bagian otak yang cepat pada saat berusia antara 12 dan 24 bulan mengakibatkan perubahan yang menakjubkan, seperti berbicara, berjalan, dan mengingat, karena ia mulai memasuki tahun balita.

Perkembangan anak yang terjadi dalam periode ini biasanya dikelompokkan ke dalam lima bagian:

  1. Pertumbuhan fisik. Anak Anda akan bertambah tinggi 7,6 cm sampai 12,7 cm dan bertambah berat 1,4 kg sampai 2,3 kg.
  2. Perkembangan kognitif. Ini merupakan perkembangan anak dalam berpikir, belajar, dan mengingat. Anak Anda akan mulai untuk mengingat peristiwa dan kegiatan yang baru terjadi, memahami simbol, meniru, berkhayal, dan berpura-pura.
  3. Perkembangan sosial dan emosional. Balita menjalin ikatan emosional yang kuat dan sering merasa tidak nyaman ketika mereka terpisah dari orang yang mereka cintai. Pada waktu yang sama, balita biasanya ingin melakukan berbagai hal sendiri atau sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Perkembangan anak ini sesekali akan menimbulkan konflik, kebingungan, dan gangguan dalam dirinya.
  4. Perkembangan bahasa. Pada usia 15 sampai 18 bulan, balita rata-rata memahami kata 10 kali lipat lebih banyak dari yang dapat ia ucapkan. Pada saat ulang tahunnya yang kedua, kebanyakan balita sudah bisa mengucapkan sedikitnya 50 kata.
  5. Perkembangan sensorik dan motorik. Keterampilan motorik berkembang karena otot dan saraf anak Anda mulai bekerja sama. Balita mulai bisa mengontrol dan mengkoordinasi dan berjalan kaki dengan stabil. Ia kemudian akan segera bisa memanjat, berlari, dan melompat.

Baca Juga : Perkembangan Emosi Anak 2 Tahun

  • Mengapa pemeriksaan kesehatan harus rutin dilakukan?

Dokter akan memeriksa anak Anda untuk mengetahui apakah dia tumbuh seperti yang diharapkan. Anak Anda akan mendapatkan imunisasi yang diperlukan, dan dokter akan mengajukan pertanyaan tentang hal-hal baru yang anak Anda lakukan, seperti mengucapkan kata-kata atau berjalan. Dokter juga dapat mendeteksi gejala gangguan perkembangan pada anak Anda seperti autisme.

  • Kapan saya harus khawatir dengan pertumbuhan dan perkembangan anak saya?

Konsultasikan dengan dokter bila anak Anda tidak tumbuh dan berkembang seperti anak lain pada umumnya. Namun, harus diingat bahwa kecepatan perkembangan setiap anak berbeda-beda. Sebagai contoh, anak yang lambat berbicara mungkin saja lebih cepat berjalan. Biasanya yang harus dikhawatirkan adalah ketika anak mencapai tahap perkembangan tertentu tapi kemudian kehilangan kemampuan mereka.

  • Bagaimana saya bisa membantu anak saya selama periode ini?

Anda dapat membantunya tumbuh dan berkembang dengan memahami kebutuhannya untuk mandiri dan bereksplorasi dengan aman. Bila Anda bersabar dan memberikan cinta tanpa syarat, itu akan membuat anak Anda percaya diri dalam mencoba keterampilan baru. Anak Anda akan mudah lelah karena semua hal baru yang ia lihat, dengar, pelajari, dan lakukan. Bantu anak Anda untuk mendapatkan istirahat dan waktu tenang  yang cukup.

Be Sociable, Share!
 Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Pada Usia 12 Sampai 24 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *