Perut Bayi Buncit, Normal atau Tidak?

Perut Bayi Buncit, Normal atau Tidak?

Perut buncit umumnya sering dikaitkan dengan masalah kesehatan sebagai akibat dari pola makan yang buruk. Biasanya cenderung terjadi pada orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Lalu sebagai orang tua yang memiliki anak bayi, mungkin Anda memiliki pertanyaan apakah artinya jika perut bayi buncit? Dan apakah hal tersebut normal bagi bayi? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasannya berikut.

Perut Bayi Buncit, Normal atau Tidak?

Perut bayi Buncit, Normal atau Tidak?

Secara umum, bayi yang memiliki perut buncit merupakan suatu hal yang normal dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Biasanya perut bayi akan membuncit setelah ia kekenyangan ketika selesai makan atau menyusu. Kemudian akan cepat mengempis dan kembali normal setelah ia buang air kecil atau buang air besar.

Kemungkinan lain yang menyebabkannya buncit yaitu karena kembung. Ini juga merupakan suatu hal yang normal, karena biasanya si kecil akan menelan cukup banyak udara pada saat menangis dan menyusu. Sistem pencernaan yang dimiliki juga belum sesempurna orang dewasa sehingga ususnya belum mampu menghasilkan cukup bakteri baik yang membantu pencernaan. Akibatnya, perut bayi akan mudah kembung.

Untuk membantu bayi agar bersendawa ketika mengalami perut kembung, caranya yaitu dengan menengkurapkan bayi sambil memijat-mijat punggungnya. Namun yang perlu Anda ingat, bayi belum mampu dan kesulitan dalam hal menyampaikan keluhan yang sedang dirasakan. Sehingga menuntut Anda untuk selalu peka dan memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada si kecil.

Kapan Harus ke Dokter?

Perut bayi yang mengalami buncit umumnya terjadi secara normal dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan apabila tidak disertai dengan gejala-gejala lain. Namun terkadang, ada juga bayi yang mengalami perut buncit dan disertai dengan gejala lain seperti tangisan yang lama, demam, ruam, dan perut terasa keras atau membengkak. Jika sudah seperti ini, sebaiknya bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika perut bayi buncit disertai dengan gejala-gejala di atas, biasanya disebabkan karena adanya alergi makanan atau masalah yang lebih serius seperti penyumbatan usus dan masalah penyerapan nutrisi karena infeksi. Selain itu perut buncit juga bisa disebabkan karena adanya organ lain dalam tubuh yang mengalami pembengkakan seperti jantung, ginjal, hati, dan limpa. Tentu hal ini cukup serius masalahnya dan sebaiknya segera Anda konsultasikan ke dokter anak.

Sebagai intisari, yang perlu Anda lakukan ketika melihat bayi Anda mengalami perut buncit, yaitu kenali gejala yang muncul lalu selidiki penyebabnya. Apakah dari makanan, kebiasaan, dan lain sebagainya. Kemudian, perhatikan juga lamanya perut buncit. Jika buncit yang ia alami berlangsung dalam waktu yang cukup lama, kemungkinan ada masalah serius yang haru ditangani dengan tepat.

Demikianlah ulasan kali ini tentang perut buncit yang dialami oleh bayi, semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan