Perut Bayi Sering Mengeluarkan Suara Aneh? Anda Perlu Mewaspadainya!

Perut Bayi Sering Mengeluarkan Suara Aneh? Anda Perlu Mewaspadainya!

Jika si kecil tumbuh dengan baik dan sehat, pastinya hal itulah yang paling membuat sang orang tua menjadi sangat bahagia. Namun bayi memang dikenal dengan sosok yang sangat rapuh, yang dimana mereka mudah sekali terkena berbagai masalah dan juga beragam penyakit. Tidak jarang kasus yang cukup berbahaya terjadi pada si kecil karena orang tua yang kurang memperhatikan kesehatan mereka. Setiap hal yang mereka perbuat dan timbulkan harus Anda perhatikan, salah satunya misalnya selalu mengecek pencernaan mereka. Anda bisa melakukan pengecekan tersebut dari hal yang paling sederhana saja, yakni menempelkan telinga pada perut mereka. Jika perut bayi menimbulkan beberapa bunyi yang terbilang cukup aneh dan terdengar tidak wajar, maka Anda harus waspada dan membawanya kepada dokter untuk segera diperiksa serta ditangani. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jenis suara yang tidak normal yang mungkin saja dikeluarkan si kecil dari perutnya, seperti:

Perut Bayi Sering Mengeluarkan Suara Aneh? Anda Perlu Mewaspadainya! 

  • Suara Keras

Untuk mendengar suara yang ditimbulkan oleh perut si kecil, Anda tidak perlu menggunakan alat khusus seperti stetoskop, namun cukup menempelkan telinga Anda pada perut mereka saja suaranya sudah terdengar. Jika perutnya mengeluarkan suara yang cukup keras, maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa mereka mengalami beberapa masalah pada pencernaannya, seperti terkena diare, mengalami infeksi usus, alergi terhadap makanan tertentu, dan lain sebagainya.

  • Suara Melambat

Jika ketika Anda mendengarkan suara yang ditimbulkan dari perut bayi dan suara tersebut seperti melambat, maka hal ini juga harus Anda waspadai. Pasalnya, suara yang menjadi berkurang tersebut terutama yang terjadi ketika sehabis makan menandakan bahwa mereka mengalami sakit. Mungkin saja mereka terkena penyakit sembelit, radang usus, atau pun konstipasi. Jika perut tidak menimbulkan suara sama sekali, maka bisa saja menandakan bahwa usus mereka tersumbat.

  • Meningkat dan Menurun

Ketika Anda mendengarkan suara yang berasal dari perut mereka dan suara tersebut mengalami peningkatan kemudian menurun, maka Anda harus mewaspadainya karena kemungkinan besar sang bayi mengalami masalah yang cukup serius. Suara ini dapat menandakan bahwa organ ususnya pecah atau pun menandakan jika jaringan yang ada pada usus mati atau yang lebih sering disebut sebagai nekrosis. Jika mengalami hal ini, segeralah membawa si kecil pada dokter untuk segera mendapat penanganan.

Itulah beberapa jenis suara yang tidak normal yang sering kali dikeluarkan dari perut bayi. Akan lebih baik untuk Anda, para orang tua, untuk sesering mungkin memeriksa suara yang ditimbulkan tersebut, karena hal ini dapat mengindikasikan bahwa mereka sedang terkena masalah yang mana cukup serius. Lakukan hal ini setidaknya setelah mereka mengonsumsi makanannya. Segera membawanya pada dokter jika hal-hal tersebut menimpa si kecil agar nantinya hal ini tidak bertambah serius atau pun menyebar ke bagian lainnya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan