Pilah-pilih Handuk Bayi yang Tepat dengan Tips Berikut Ini!

Bayi sudah terbiasa merasakan kehangatan selama dirinya ada di dalam rahim Ibu. Ketika bayi pertama keluar, dirinya pasti menangis karena dia merasakan perbedaan temperatur mendadak. Oleh karena itu, bayi haruslah selalu merasa hangat sehingga dirinya bisa nyaman dan tidak membuatnya masuk angin. Hal ini termasuk juga saat bayi dimandikan. Tidak baik jika memandikannya terlalu lama di bak mandi. Oleh karena itu segera keringkan dirinya dengan handuk bayi.

Jika Anda memiliki bayi, maka handuk adalah perlengkapan wajib yang harus ada dengan jumlah mencukupi. Saat ini sudah banyak sekali tersedia produk handuk untuk si kecil. Namun Anda juga harus memastikan jika handuk itu nyaman bagi bayi. Berikut ini beberapa tips memilih handuk untuk bayi:

  • Bahan lembut – yang pertama tentu dari segi bahan yang harus lembut karena handuk menyentuh kulit bayi secara langsung. Sebelum memutuskan membeli, ada baiknya menyentuh dan memastikan jika handuk tersebut cukup lembut untuk kulit bayi. Bahan cotton combed sangat direkomendasikan.
  • Bebas pewangi – beberapa handuk memang diberikan pewangi sehingga menjadikan banyak pengunjung tertarik. Namun katakan tidak pada handuk untuk bayi karena hal ini tidak aman dan dikhawatirkan zat asing tersebut membahayakan kulit si kecil dan menimbulkan iritasi.
  • Hangat – handuk untuk bayi juga harus hangat. Dengan begitu, bayi bisa merasakan kehangatan dan kenyamanan ketika menggunakannya. Beberapa bahan misalnya katun dan nilon bisa digunakan.
  • Mudah menyerap air – fungsi utama dari handuk adalah untuk bisa mengeringkan bayi dari air. Oleh karena itu bahannya juga harus mudah menyerap air agar kulit bayi bisa kering dalam waktu yang singkat.

Itulah beberapa tips dalam memilih handuk bayi yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya handuk berbahan katun sangat direkomendasikan sehingga bayi bisa cepat kering, hangat dan nyaman. Selain handuk, masih banyak lagi perlengkapan bayi yang perlu Anda lengkapi diantaranya:

  • Perlengkapan mandi mulai dari bak mandi khusus bayi, sampo, sabun, kapas, perlak, tisu basah hingga bedak.
  • Pakaian sehari-hari yaitu setelan baju atasan lengan panjang dan pendek beserta celananya, topi, kaos tangan, kaos kaki hingga jaket dan popok.
  • Perlengkapan tidur yakni tempat tidur bayi, kasur, selimut, bantal, perlak besar dan perlak kecil.
  • Perlengkapan berpergian diantaranya tas khusus untuk membawa bayi hingga gendongannya.
  • Perlengkapan kesehatan juga dibutuhkan diantaranya thermometer, kasa hingga obat merah.

Itulah beberapa perlengkapan bayi yang harus Anda persiapkan juga saat bayi lahir. Jangan lupa untuk memiliki perlengkapan tersebut dalam jumlah yang cukup karena bayi akan sering mengompol, sering ganti baju dan lainnya. Jangan lupa selalu cuci handuk bayi dan perlengkapan lainnya sehingga bisa senantiasa bersih dan terjaga.

 

 Pilah-pilih Handuk Bayi yang Tepat dengan Tips Berikut Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *