Pilah-pilih Sepatu Bayi dengan Cara Berikut Ini!

Memiliki bayi yang sehat tentu adalah harapan semua orang tua. Tentunya, jika Anda menginginkan bayi yang sehat, maka Anda juga harus memberikan perhatian yang juga ekstra. Tak melulu masalah makanan, namun pakaian dan sepatu pun harus dipilih yang terbaik. Sepatu bayi ini juga harus dipilih dengan baik dimana nantinya bisa memberikan pengaruh untuk pertumbuhan kaki si kecil nantinya. Memang kini sudah tersedia banyak sekali sepatu unik dengan desain menarik sebagai pilihan untuk si kecil. Namun ada baiknya jika Anda mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Selain sebagai pelindung kaki, ternyata sepatu punya banyak sekali manfaat untuk si kecil. Berikut ini manfaat sepatu untuk bayi:

  • Sepatu mampu membantu menyangga berat pada tubuh bayi sehingga titik tumpunya ada di posisi yang benar. Posisi inilah yang akan bisa membentuk gaya berjalan pada si kecil yang benar.
  • Membantu dalam mengoreksi dan memperbaiki kelainan di proses tumbuh kembang kaki bayi.
  • Membantu dalam membentuk struktur kaki bayi dengan normal dan benar.
  • Membantu untuk menunjang proses belajar berjalan pada bayi sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya.
  • Menjaga pertumbuhan bayi dan mengarahkan pada rotasi tulang tungkai ke arah yang benar.

Pada dasarnya memang kini sudah tersedia banyak sepatu yang disediakan untuk anak. Sepatu tak melulu boleh dipakai bagi anak yang sudah bisa berjalan namun juga untuk anak yang bahkan belum mulai berjalan. Namun untuk rekomendasinya, pemakaian sepatu pada bayi adalah mulai dari usia 1,5 tahun. Jenis sepatu bayi sendiri banyak macamnya, diantaranya:

  • Bagi bayi yang sedang belajar untuk merangkak, maka sepatu dengan punggung tebal serta tak bertali akan mampu melindungi kakinya ketika menyentuh lantai saat merangkak.
  • Bagi bayi yang belajar merambat, maka sepatu yang bagian pinggir luar kokoh akan bagus untuknya.
  • Bagi bayi belajar berjalan, maka menggunakan sepatu dengan tumit kuat serta kokoh akan mampu menjadikan tumit bayi nyaman ketika belajar melangkah.

Baca Juga: Tips Memilih Sepatu Bayi yang Berkualitas dan Aman

Untuk Anda yang kini sedang mencarikan sepatu bagi bayi Anda, maka berikut ini beberapa trik yang bisa diterapkan:

  • Pilih sepatu dengan bentuk kuat dan kokoh sehingga mampu menunjang kaki pada bayi. Namun kokoh ini bukan berarti harus sepatu yang bobotnya berat.
  • Sepatu dengan model tertutup lebih direkomendasikan sehingga bisa membentuk kaki bayi secara normal.
  • Pilih sepatu dengan bahan lentur serta fleksibel sehingga mampu berubah dan ikut pada gerakan kaki bayi. Sedangkan bagian dalam sepatu harus berbahan lentur sehingga kaki bayi nyaman dan tidak iritasi.
  • Sepatu bayi juga lebih baik dipilih dengan ujung lonjong dan tidak runcing. Selain itu, sol sepatu juga harus cukup lebar sehingga mampu kuat dalam menopang kaki bayi. 

 

Be Sociable, Share!
 Pilah-pilih Sepatu Bayi dengan Cara Berikut Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *