Pilih Popok Bayi Kain Atau Sekali Pakai? Simak Ulasannya Berikut!

Hadirnya seorang bayi adalah anugrah untuk orang tua. Tetapi kehadirannya juga bisa membuat orang tua bingung. Lebih-lebih bagi mereka yang baru mempunyai anak. salah satu hal yang dapat membuat otak berputar ialah memilih popok bayi paling tepat. Orang tua sudah pasti menginginkan hal yang terbaik untuk anak, mulai dari ujung kaki hingga rambut. berbagai produk perawatan tubuh pun dipilih yang paling baik, popok pun juga demikian, karena popok bersentuhan langsung dengan kulit bayi.

Memilih popok bisa menjadi persoalan yang sangat rumit bagi orang tua. Popok sekarang bukan hanya dibuat dari kain, namun popok sekali pakai dan bisa langsung dibuang. Sebagai orang tua, pasti Anda bingung untuk memilih popok, pilih popok yang bisa langsung dicuci atau popok sekali buang yang praktis. Untuk popok kain, popok ini tersedia berbagai pilihan desain hingga warna yang menarik. bahkan sekarang ini terdapat popok dari kain yang mempergunakan perekat atau kancing. Bentuk dan ukuran juga bermacam-macam bisa disesuaikan dengan tubuh si kecil.

Anda memerlukan 15 hingga 20 popok bayi untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu dapat dikatakan bila popok kain lebih murah serta hemat bila dibandingkan dengan popok sekali pakai atau sekali buang. Popok kain bisa disimpan dan digunakan kembali saat ia memiliki adik. Pengeluaran membeli popok untuk anak kedua juga bisa lebih murah. selain itu banyak orang tua mungkin lebih memilih menggunakan popok ini karena peduli dengan lingkungan. Jika menggunakan popok kain berarti Anda bisa mengurangi banyak sampah yang dibuang. Popok dari kain juga lebih aman untuk kulitnya karena bebas dari bahan kimia.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Popok Bayi

Namun popok kain juga tidak luput dari berbagai macam kekurangan seperti harus sering diganti, mudah bocor hingga memerlukan banyak waktu untuk mengeringkannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan popok dari kain, seperti:

  • Jika menggunakan peniti sebagai pemasang popok, pilih peniti yang memiliki ukuran besar, selain itu hati-hati ketika memasangnya,
  • Popok kain yang basah dapat langsung ditaruh di keranjang, namun popok kain yang kotor karena tinja harus dibersihkan terlebih dulu,
  • Saat mencuci popok, pisahkan dengan pakaian lain serta gunakan detergen yang memiliki sifat anti alergi yang aman untuk kulitnya.

Popok bayi yang langsung buang atau sekali pakai banyak menjadi pilihan orang tua karena lebih praktis serta mudah digunakan. Popok ini juga memiliki kandungan gel peresap cairan yang bisa menahan cairan dengan jumlah yang lebih banyak sehingga Anda tidak perlu sering menggantinya dan tidak mudah tumpah. Tetapi, diperlukan dana yang besar jika Anda menggunakan popok ini, popok yang kotor harus langsung dibuang. Jadi, mana popok yang akan Anda pilih?

 

Be Sociable, Share!
 Pilih Popok Bayi Kain Atau Sekali Pakai? Simak Ulasannya Berikut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *