Pilihan Makanan Sehat Bayi Umur 4-12 Bulan Selain ASI

Sama seperti orang dewasa, bayi juga memerlukan asupan makanan yang padat gizi dan seimbang, bahkan nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi 3 kali lipat dari nutrisi yang dibutuhkan orang dewasa. Karena bayi memerlukannya untuk tumbuh kembang. Makanan sehat bayi yang utama memang ASI, sesuai dengan anjuran dari para ahli kesehatan bahwa sebaiknya para ibu menyusui buah hatinya hingga usia 24 bulan, atau setidaknya sampai ia berusia 6 bulan. Oleh sebab itu, setelah ia menginjak usia 4-6 bulan ke atas, ada baiknya bayi dikenalkan dengan berbagai makanan sehat selain ASI.

Setiap bayi memang mengalami masa pertumbuhan yang berbeda-beda, namun ASI memberikan nutrisi yang paling lengkap dan seimbang bagi bayi. Namun, tak sedikit juga bayi yang tidak pernah mendapatkan asupan ASI karena berbagai hal. Baik bayi yang mendapat asupan ASI maupun yang tidak mendapatkannya, masing-masing membutuhkan makanan yang sehat. Jika pada bayi yang mendapat asupan ASI, maka makanan sehat tersebut disebut dengan MP-ASI. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis makanan sehat untuk para bayi usia 4-12 bulan:

Baca seputar tentang asupan gizi yang baik untuk buah hati anda, lihat selengkapnya di boxbayi.net

  • Bubur tepung beras merah.

Sistem pencernaan bayi yang berusia di bawah 1 tahun belumlah sempurna sehingga dalam memberikan makanan sehat bayi haruslah benar-benar diperhatikan, tak hanya dari segi kandungan gizinya saja, melainkan juga dari segi tekstur, rasa, hingga higienitasnya. Selain itu, tidak boleh mengandung zat allergen atau zat yang menjadi pencetus alergi. Salah satu sumber nabati yang tidak mengandung zat tersebut adalah tepung beras merah. Selain teksturnya lembut dan mudah dicerna, tepung beras merah kaya akan zat gizi penting.

  • Buah-buahan.

Jika tepung beras merah cenderung tidak memiliki rasa, maka Anda perlu memperkenalkan bayi Anda dengan makanan yang mengandung rasa yang kuat seperti buah-buahan. Buah-buahan kaya akan vitamin yang membantu tumbuh kembang optimal. Namun bukan berarti semua buah-buahan bisa diberikan pada si kecil. Buah-buahan yang boleh diberikan pada si kecil di antaranya adalah buah pisang, pepaya, apel, aprikot, buah bit, melon dan sebagainya. Sebelum memberikannya pada si kecil, berikan dalam keadaan telah dihaluskan atau paling tidak telah dipotong kecil-kecil agar si kecil tidak tersedak.

  • Sayuran, umbi-umbian dan kacang-kacangan.

Tak hanya buah saja yang menjadi makanan sehat bayi sebagai sumber vitamin, sayuran pun juga demikian. Agar ia terbiasa makan sayur sampai ia beranjak dewasa, maka ajarilah untuk makan sayur sedari ia masih bayi. Selain sayur-sayuran, umbi-umbian seperti kentang atau ubi jalar juga wajib diberikan pada si kecil untuk pengenalan rasa dan tekstur makanan. Kacang-kacangan yang telah dihaluskan seperti kacang kenari, hazelnut, kacang hijau atau kacang merah juga sangat baik kandungannya bagi si kecil.

 

 

Be Sociable, Share!
 Pilihan Makanan Sehat Bayi Umur 4-12 Bulan Selain ASI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *