Pilihan Menu Minuman Pengganti Asi Bayi Setelah Disapih

Asupan nutrisi utama yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir memang asi, air susu ibu mereka, karena ini adalah menu makanan yang paling cepat diserap oleh tubuh mereka. Hanya saja tak semua orang tua memang bisa mencukupi kebutuhan asi ini hingga jangka usia yang sudah ditentukan. Beberapa masalah seperti halnya produksi asi yang tak lancar atau juga orang tau bekerja, membuatnya tak bisa memberikan asi secara optimal. mau tak mau tentunya harus mencari minuman pengganti asi bayi tersebut.

Banyak diantara produsen yang memang sudah mulai menciptakan produk-produk pengganti asi ini sendiri. Diantara jenis-jenisnya memang sangat banyak, yaitu

  1. Susu formula, produk susu formula yang ada di pasaran sangat banyak, sesuai dengan tingkatan usia dari buah hati Anda. Maka bisa pilihlah mana yang sesuai dan juga tidak. Susu formula memiliki kandungan yang dibuat serupa dengan asi, meskipun pada beberapa bagian memang tak bisa benar-benar sama. Namun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. Bahkan dengan berbagai varian rasa nikmat bagi buah hati.
  2. Susu soya, tak jauh berbeda dengan susu formula, hanya saja susu soya ini terbuat dari bahan kacang kedelai yang diproses secara khusus yang higienis yang aman dikonsumsi oleh buah hati, apalagi mereka yang memiliki kecenderungan alergi pada produk susu sapi. Kedelai memiliki rasa yang khas, namun kandungan gizinya tak jauh berbeda dengan susu sapi.
  3. Susu formula untuk anak alergi, produknya ada jenis yang sudah dihilangkan kandungan lactosanya, sehingga aman dikonsumsi oleh buah hati yang menderita alergi susu sapi, namun tetap bisa mengkonsumsi pengganti asi bayi dalam bentuk susu sapi ini.

    Baca Juga: Jenis Minuman yang Bisa Digunakan untuk Pengganti ASI Bayi

Selain susu sendiri maka ada beberapa produk yang juga bisa dijadikan sebagai pengganti asi, khususnya bagi bayi yang sudah disapih, yaitu:

  1. Air putih, memasuki usia 3 tahun agaknya memang sudah wajib bagi orang tua untuk menyapih anaknya, jangan terlalu sering memberikan susu, kurangi jumlahnya dan ganti dengan air putih yang jauh lebih sehat bagi mereka.
  2. Buah-buahan, selain air putih maka buah-buahan sendiri merupakan produk makanan yang kaya akan kandungan cairan bahkan juga vitamin di dalamnya. Sangat bagus untuk menjaga bayi Anda tetap sehat tanpa kekurangan cairan sama sekali.
  3. Sup, makanan yang kandungan airnya tinggi seperti sup juga bagus sebagai pengganti asi, namun perhatikan bahan pembuatannya, hindari penggunaan MSG.

Tak perlu khawatir lagi jika si kecil sudah disapih akan mengkonsumsi apa. Karena banyak susu pengganti asi bayi atau produk makanan dan minuman lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda. Jadi si kecil tak akan kekurangan cairan.

 

Be Sociable, Share!
 Pilihan Menu Minuman Pengganti Asi Bayi Setelah Disapih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *