Prosedur Sunat Bayi Laki-laki dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tak hanya bagi masyarakat musim saja yang mewajibkan untuk sunat, yaitu sebuah proses pengelupasan bagian kulit luar penis laki-laki, sehingga berfungsi untuk mencegah beberapa jenis penyakit. Melainkan hampir semua laki-laki yang ada di dunia akan melakukan proses yang satu ini, guna kesehatan mereka. beberapa orang memilih sunat ketika usia sudah menginjak 10 tahun atau masa anak-anak karena penyembuhan akan jadi semakin cepat. namun tak jarang pula diantaranya yang melakukan sunat bayi laki-laki, yaitu prosedur sunat yang dilakukan ketika masih bayi.

Tentunya rasa sakit bagi si kecil akan jadi lebih tinggi, bahkan bayi akan mudah sekali rewel. Namun ketika sudah memasuki usia dewasa nantinya, mereka sudah terbebas dari prosedur sunat ini sendiri. Lalu mengapa harus sunat bayi laki-laki? Berikut ini hal-hal yang patut untuk Anda ketahui, diantaranya adalah

  1. Untuk mengurangi resiko penularan penyakit menular seksual atau yang dikenal dengan nama PMS. Keberadaan kulup atau kulit yang menutupi alat reproduksi ini membuat pembersihan tak berlangsung secara optimal. sehingga resiko berkembangnya bakteri ataupun jamur di bagian dalam tubuh ini semakin tinggi. Laki-laki yang tidak sunat memiliki potensi terkena penyakit menular seksual yang semakin tinggi.
  2. Mencegah terjadinya penyakit yang menyerang bagian penis, diantaranya adalah penyakit yang menyebabkan bagian kepala kulup tersebut meradang atau yang dikenal dengan nama fimosis.
  3. Tak hanya untuk mencegah terjadinya penyakit pada bagian reproduksi ini juga, melainkan juga untuk kesehatan kemih. Bagian yang berfungsi dalam menampung air seni. Nantinya jika sampai bagian kandung kemih ini mengalami masalah, sebenarnya tak hanya berhenti disana, melainkan juga dapat merujuk pada masalah ginjal.
  4. Untuk menurunkan resiko terkena kanker serviks khususnya adalah pada pasangan, bukan hanya mereka yang tidak sunat saja, melainkan pasangan seksual dari laki-laki yang tak sunat bisa mengalami resiko penyakit kanker serviks lebih tinggi, karena bakteri dan virus dibawa oleh alat kelamin pria tersebut.
  5. Untuk menjaga kesehatan alat reproduksi secara keseluruhan, baik itu penis, kandung kemih hingga bagian yang memproduksi sperma.

Baca Juga: Sunat bayi laki-laki

Sangat penting memang untuk melakukan sunat ini. Khususnya di usia yang masih sedini mungkin. Karena proses penyembuhannya akan berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang sunat di atas usia 10 tahun. Sunat bayi laki-laki ini umumnya dilakukan dengan beberapa prosedur, diantaranya adalah:

  1. Dorsumsisi, ia adalah metode paling tradisional dengan cara mengikis kulup dengan gunting atau pisau.
  2. Laser, digunakan dengan elemen panas yang ada pada kawat, sehingga tak berdarah.
  3. Klem, memanfaatkan tabung plastik khusus untuk memotong kulup dalam posisi melingkar, luka akan mengering hanya antara 3 hingga 6 hari setelahnya.

 

Be Sociable, Share!
 Prosedur Sunat Bayi Laki-laki dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *