Rekomedasi Diet Ibu Hamil

Berat badan semakin bertambah saat hamil adalah hal yang wajar. Namun kelebihan berat badan ibu hamil dikhawatirkan menyebabkan hipertensi dan diabetes. Solusi mengatasi masalah tersebut bisa dengan melakukan diet. Berikut adalah cara diet ibu hamil yang harus diketahui dan dipahami:

Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat membantu mempelancar pencernaan. Makanan berserat bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Jika sayuran hindari sayuran yang diproses menggunakan santan. Ibu hamil membutuhkan serat sayur sebanyak 30 gram. Sebagai gambaran 100 gram kangkung mengandung 1 gram serat dan 100 gram sawi hijau mengandung 1,2 serat.

Tetap Mengkonsumsi Lemak Baik

Lemak dibutuhkan oleh tubuh, dengan catatan pilih makanan yang mengandung lemak baik contohnya alpukat. Selain itu alpukat mengandung omega-3.

Hindari Jenis Makanan yang Dilarang Saat hamil

Hindari makan makanan yang mengandung kalori tinggi dan miskin kandungan nutrisi, contohnya: jajanan gorengan, junk food, kripik, krupuk dll. Pilih makanan yang bernutrisi namun rendah kalori.

Konsumsi Makanan Berprotein

Kebutuhan protein harian ibu hamil cukup sekitar 50%. Karena makanan yang mengandung protein membantu perut merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama, sehingga dapat mengontrol keinginan untuk terus makan.

Sayuran dan Buah Buahan

Labu siam, buah papaya, kacang ijo, alpukat, bayam dan brokoli semuanya kaya akan asam folat. Asam folat adalah salah satu nutrisi yang penting untuk ibu terutama saat sedang menyusui.

Menyusun Menu Makan Gizi Seimbang

Diet ibu hamil bukan mengurangi porsi makan, karena dikhawatirkan jika dikurangi bisa mengakibatkan kandungan nutrisi yang diperlukan kurang. Diet ibu hamil adalah mengatur pola dan menu makan yang tepat. Misalnya ibu hamil tetap harus sarapan pagi, makan siang dan malam caranya bisa mengatur menu makanan yang bergizi dan seimbang.

Anda bisa memilih menu yang bervariasi agar mendapakan nutrisi yang seimbang, jika merasa kurang memenuhi nutrisi tertentu bisa minta rekomendasi dokter jenis suplemen untuk menambah nutrisi yang tepat.

Cara Memasak yang Tepat

Proses memasak mempengaruhi kandungan lemak dan nutrisi yang terdapat di dalam makanan. Jika cara memasak tidak tepat malah membuat kandungan nutrisi hilang. Misalnya untuk ibu hamil bisa menggunakan proses memasak dengan cara dikukus atau dipanggang sehingga lemak yang terdapat dalam makanan sedikit.

Jika cara masak dengan cara digoreng gunakan minyak yang sehat seperti: minyak zaitun, minyak jagung atau minyak bunga matahari.

Baca Juga: Tips Mengatasi Keluhan Saat Masa Kehamilan

Olah Raga Rutin

Olah raga saat hamil membantu kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Pilih jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil, yaitu olahraga kecil seperti: jalan kaki saat pagi hari, yoga atau senam hamil.

Minum Air Putih Setiap Hari

Air putih penting saat ibu sedang hamil, selain untuk menghindari tubuh terkena dehidrasi, air putih membantu proses diet karena perut akan merasa kenyang. Minum air putih sehari dianjurkan sebanyak 8 gelas.

Demikian pembahasan mengenai cara atau rekomendasi diet ibu hamil yang baik dan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!
 Rekomedasi Diet Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *