Resep Bubur Bayi Saat Usianya Menginjak 6 Bulan

Saat bayi memasuki usia 6 bulan ia sudah bisa diberi makanan tambahan atau Mpasi untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Seiring pertumbuhan usia, bayi membutuhkan tambahan nutrisi. Bayi sudah membutuhkan tambahan zat besi dan sumber nutrisi lainnya, caranya dengan memilih bahan dan resep bubur bayi yang tepat.

Makanan bayi yang sehat adalah yang menggunakan bahan alami yang dibuat/ diolah sendiri. Makanan yang di buat sendiri lebih terjamin dan higienis, selain itu Anda bisa memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhannya. Pada saat ia masih 6 bulan, sebaiknya memberikan bubur yang halus atau pure. Cara memberikannya harus bertahap, mulai dari teksur hingga jumlah pemberiannya.  Berikut ini beberapa resep bubur bayi untuk usia 6 bulan yang bisa Anda coba buat.

Bubur Beras Merah Atau Beras Putih

Bahan-Bahannya:

  • Beras merah atau bisa juga beras putih
  • ASI

Cara Membuatnya:

Pertama-tama beras merah atau beras putih di bersihkan dan dimasak sampai menjadi bubur. Lalu saring dan campurkan dengan ASI, sampai kedua bahan tercampur rata.

Bubur Susu

Bahan-Bahannya:

  • Tepung beras/ tepung maizena/ tepung sagu/ tepung kacang ijo/ tepung hunkwe. Catatan: asal jangan tepung terigu. Siapkan salah satu bahan yang Anda pilih sebanyak 10 gram.
  • 200 ml atau 20 sendok makan ASI

Cara Membuatnya:

Masak tepung yang Anda pilih lalu tambahkan dengan sedikit air. Setelah masak tuangkan di mangkuk, lalu tambahkan dengan ASI. Campur hingga rata dan sajikan dalam keadaan yang agak mulai dingin.

Bubur Alpokat

Bahan-Bahannya:

  • Buah alpokat 50 gram, ambil dagingnya
  • 30 ml atau 3 sdm ASI

Baca Juga: Memilih Makanan Bayi Usia 6 Bulan Ke Atas

Cara Membuatnya:

Blender alvokat hingga lembut lalu tambahkan air. Tuangkan ke mangkuk makan bayi kemudian campurkan dengan ASI, lalu aduk sampai keduanya tercampur rata

Bubur Buah Pir Dan Pepaya

Bahan-Bahannya:

  • Pir kuning sebanyak 30 gram, kupas dan ambil buahnya.
  • Buah papaya yang sudah matang sebanyak 25 gram, kupas dan potong-potong.
  • 30 ml atau 3 sdm ASI

Cara Membuatnya:

Pertama-tama buah pir dikukus dulu sampai empuk. Lalu blender buah pir dan papaya sampai keduanya halus. Tuangkan ke dalam mangkuk bayi, lalu tambahkan ASI. Campur semua bahan hingga tercampur rata.

Bubur Pepaya Dan Pisang

Bahan-Bahannya:

  • Papaya matang sebanyak 25 gram, kupas dan potong-potong.
  • Pisang ambon sebanyak 50 gram, kupas lalu potong-potong.
  • 20 ml atau 2 sdm ASI atau jus jeruk manis.

Cara Membuatnya:

Blender papaya dan pisang sampai halus dan lembut. Lalu tuangkan ke dalam mangkok bayi dan tambahkan ASI lalu campur hingga rata. Jika campurannya jus jeruk manis bisa campurkan tanpa ASI.

Dari resep bubur bayi di atas masih banyak resep bubur bayi usia 6 bulan yang bisa Anda coba. Pastikan kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi agar perkembangan dan kecerdasannya semakin bertambah.

Be Sociable, Share!
 Resep Bubur Bayi Saat Usianya Menginjak 6 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *