Resep MPASI Bayi Rumahan

Selain mengandalkan produk makanan bayi instan, pada dasarnya Anda dapat membuat menu MPASI bayi sendiri. Dengan memadukan buah-buahan, sayur-sayuran dan serealia (beras-berasan), Anda dapat menyiapkan menu yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan bayi.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan resep MPASI bayi yang bisa Anda jadikan menu makan bayi Anda untuk seminggu. Atau bila Anda ingin menghemat waktu, Anda bisa membuatnya langsung dalam jumlah besar lalu tuangkan ke dalam wadah pembuat batu es (ice pack) yang berbentuk kotak atau bulatan, masukkan ke freezer. Ketika akan disajikan, Anda tinggal memanaskannya kembali sebanyak yang dibutuhkan, sedangkan sisa bisa dimasukkan ke dalam freezer kembali.

Resep MPASI bayi yang mudah dan simpel

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu dan ruang gerak untuk menyiapkan MPASI yang fresh dan tanpa proses penghangatan kembali, maka resep mudah yang hanya terdiri dari dua bahan ini bisa Anda coba. Bahan santan yang dipakai pada resep ini cocok untuk bayi yang sedang dalam proses menaikkan berat badan.

Cara membuat

  • Kukus 1 buah apel yang sudah dikupas dan dipotong dadu.
  • Hancurkan apel yang sudah ditambahkan sekitar 50 ml santan kental dengan menggunakan blender hingga lembut dan tercampur rata.
  • Sajikan segera.

Baca Juga: Tips Mpasi dengan Benar

Resep MPASI bayi buah sayur rumahan

Selain buah-buahan, sayur-sayuran juga perlu diperkenalkan kepada bayi agar dia terbiasa dengan rasa sayur ketika dewasa. Untuk pengenalan pertama, gunakanlah wortel karena rasanya manis dan tinggi vitamin A alami yang baik untuk pengelihatan si kecil yang tumbuh pesat. Resep ini dikombinasikan dengan kabocha yaitu sejenis labu yang berasal dari Jepang. Rasa labu kabocha yang manis dan lembut sangat cocok disandingkan dengan wortel untuk menghilangkan rasa sedikit getir dari wortel.

Cara membuat

  • Ambil daging kabocha sebanyak 50 gram, dan wortel yang sudah dikerok kulitnya sebanyak 75 gram.
  • Kukus selama kurang lebih 10 menit kemudian haluskan dengan menggunakan blender.
  • Tambahkan kurang lebih 20 ml air hangat atau secukupnya tergantung selera.

Resep MPASI bayi dengan rasa unik

Pengenalan rasa yang bervariasi menjadikan anda lebih memahami apa yang anak anda sukai dan tidak. Selain itu pengenalan berbagai rasa juga dimaksudkan agar anak tidak memilih-milih makanan karena terbiasa dengan rasa yang itu-itu saja. Misalnya, pengenalan sayur bisa juga diakali dengan penambahan sedikit rasa asam dari lemon.

Cara membuat

  • Haluskan 3 kuntum brokoli tanpa batang dan 3 buah buncis dengan blender, saring.
  • Tuang ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan 1/2 sdt lemon atau secukupnya sesuai selera, aduk rata, kemudian sajikan.
Be Sociable, Share!
 Resep MPASI Bayi Rumahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *