Resep Rumahan untuk Makanan Bayi Usia Enam Bulan

Menjelang usia bayi enam bulan, orang tua biasanya mulai memikirkan jenis makanan pertama untuk bayi mereka. Pemilihan makanan pendamping ASI atau MPASI sangat penting diperhatikan, baik jenis, nutrisi maupun waktu pemberiannya. Pada prinsipnya, pemberian makanan bayi dilakukan secara bertahap. Diawali dari bentuk cair, setengah padat, padat dan dilanjutkan dengan jenis makanan keluarga. Tidak ketinggalan asupan air, vitamin, serta mineral untuk bayi juga harus cukup. Waktu pemberian makanan yang tepat juga harus diperhatikan. Berikut ini resep rumahan untuk makanan bayi usia enam bulan.


Pepaya Pisang

Bahan yang diperlukan adalah murni buah pepaya dan pisang, masing-masing 25 gram dan 50 gram. Pisang dan pepaya matang yang sudah dikupas bersih bisa dipotong-potong. Untuk tambahan, dapat diberikan juga 2 sdm ASI atau jus jeruk manis.

Cara membuatnya juga mudah. Anda hanya perlu blender khusus untuk buah. Blender pepaya dan pisang hingga lembut, kemudian tuang ke dalam mangkuk dan dapat ditambahkan ASI atau jeruk manis, kemudian diaduk rata.

Bayam dan Labu Kuning

Menu sayuran kali ini terdiri dari 50 gram labu kuning, 50 gram daging ayam dan 25 gram bayam. Bisa juga diberi tambahan ASI secukupnya. Cara pembuatannya juga tidak sulit. Labu kuning dan ayam yang telah dibersihkan, direbus hingga lunak baru ditambahkan bayam. Setelah semuanya matang, ditiriskan lalu dihaluskan. Bisa juga diberi tambahan ASI secukupnya.


Jagung Manis

Jagung manis juga dapat diberikan pada bayi enam bulan sebagai makanan pendamping ASI. Anda hanya membutuhkan sekitar 100 gram jagung manis dan ditambah dengan 100 mL ASI.

Langkah pertama, jagung dipipil dan dipisahkan dari batangnya kemudian dikukus hingga lunak. Jagung yang sudah lunak tadi kemudian diblender dengan ditambah ASI. Karena biasanya masih ada kulit biji jagung yang tersisa, sebaiknya disaring terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi.

Ubi Jalar Ungu

Variasi makanan bayi enam bulan juga bisa diperoleh dari ubi jalar ungu yang dicampur dengan kaldu ayam atau sapi asli secukupnya. Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, ubi jalar dikukus dan kemudian dihaluskan. Setelahnya ditambah dengan air kaldu hingga diperoleh kekentalan yang diinginkan.

Kentang

Menu berikutnya yang dapat dicoba adalah kentang. Anda tidak perlu menambah jenis makanan lain, karena yang digunakan hanya kentang dan ASI secukupnya saja.

Kentang yang telah dikupas dan dibersihkan kemudian dikukus hingga lunak. Kentang kemudian ditiriskan dan dihaluskan dengan garpu atau food processor. Untuk penambah rasa, dapat ditambahkan ASI secukupnya lalu diaduk rata.

Kacang Hijau

Menu berikutnya yang dapat dicoba adalah kacang hijau yang ditambah dengan ASI. Untuk membuatnya, kacang hijau direbus terlebih dahulu hingga empuk. Jika ingin benar-benar empuk merata, rebus kacang hijau hingga air mendidih lalu matikan apinya. Biarkan kacang hijau dalam air rebusan selama semalam. Esok hari, ganti air dan rebus lagi sebentar, kacang hijau sudah lunak. Untuk tambahannya adalah ASI secukupnya.

Kacang Merah

Untuk menu kacang merah hampir sama seperti menu kacang hijau. Kacang yang telah direbus hingga lunak kemudian dihaluskan dan dicampur dengan ASI secukupnya.

 Resep Rumahan untuk Makanan Bayi Usia Enam Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *