Sabun Bayi yang Aman Untuk Si Buah Hati

Sabun Bayi yang Aman Untuk Si Buah Hati

Sebagai orangtua tentunya akan merawat buah hatinya dengan sebaik mungkin hingga hal-hal terkecil sekalipun. Bagi orangtua yang memiliki bayi akan melengkapi segala kebutuhan khususnya dalam menjaga kesehatannya. Salah satu caranya yaitu memilih produk yang aman digunakan seperti pemilihan sabun bayi.

Sabun bayi dibuat secara khusus dengan menggunakan bahan-bahan tertentu agar tidak membahayakan kesehatan karena kulit bayi masih sangat sensitif. Hal ini tidak boleh diabaikan oleh para orangtua karena kulit bayi cenderung tipis dan sensitif terhadap segala sesuatu. Maka dari itu para orangtua harus cermat dan teliti saat membeli produk bagi buah hatinya.

Perawatan Untuk Kebersihan dan Kesehatan Kulit Bayi

Langkah awal dalam merawat kebersihan dan kesehatan kulit bayi yaitu pemilihan sabun bayi yang tepat sehingga dapat membersihkan dan melembabkan kulit bayi. Selain membersihkan bagian badan bayi, bersihkan pula area wajah, leher, dan lipatan-lipatan seperti tangan dan kaki menggunakan lap bersih. Anda disarankan untuk menggunakan air hangat dengan suhu sekitar 37 derajat celcius sesuai dengan suhu tubuh. Durasi saat memandikan bayi dibawah 1 tahun yakni dibawah 10 menit karena jika terlalu malah akan menimbulkan iritasi. Dan untuk menjaga kelembapan kulit bayi, gunakan lotion atau pelembap khusus bayi setelah mandi.

Agar kulit bayi Anda terhindar dari biang keringat, Anda dapat memilih baju berbahan serat alami seperti katun dan ukuran yang agak longgar sehingga bayi merasa nyaman serta menjaga sirkulasi udara dengan baik. Selain itu, Anda harus memeriksa dan mengganti popok secara rutin agar terhindar dari ruam popok ada bayi.

Tips Memilih Sabun yang Tepat Untuk Bayi

Para orangtua harus lebih selektif dalam memilih sabun bayi yang dapat menjaga keseimbangan Ph kulit bayi. Berikut ini beberapa tips agar tidak salah memilih produk, antara lain:

  • Mengandung Gliserin

Kandungan gliserin pada sabun berfungsi sebagai moisturizer yang dapat melembapkan kulit sehingga terhindar dari kulit kering dan iritasi.

  • Ph seimbang

Pastikan untuk memilih sabun dengan pH seimbang dengan melihat pada kemasan produk bertuliskan “pH balanced” yang cocok digunakan pada bayi. Hal ini perlu diperhatikan karena untuk menjaga lapisan kulit bayi yang sensitive.

  • Hypoallergenic

Perhatikan pada kemasan dengan keterangan ‘hypoallergenic’ yang maksudnya ada kemungkinan produk tersebut menyebabkan iritasi atau alergi.

  • Bebas Alkohol dan Pewangi

Hindari produk yang mengandung alcohol dan pewangi karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi Anda.

  • Bebas Paraben

Hindari pula produk yang mengandung paraben pada sabun bayi karena dapat memicu pertumbuhan kanker.

  • Bukan produk berlabel ‘antibakteri’

Meskipun pada setiap produk sabun memiliki kandungan antibacterial yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, namun memungkinkan timbul iritasi pada kulit bayi karena masih sensitif.   

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan