Seputar Mitos Dan Fakta Tanda Hamil Bayi Perempuan

Di masyarakat banyak beredar mitos seputar ibu hamil, salah satunya mengenai tanda-tanda apakah bayi yang akan lahir adalah bayi perempuan atau laki-laki. Kebanyakan mitos-mitos yang ada dipercaya secara turun temurun.  Sayangnya banyak tanda hamil yang dijadikan mitos dan seringkali salah kaprah dalam menyimpulkan perubahan tubuh ibu hamil. Lebih jelasnya simak uraian mitos tanda hamil anak perempuan yang belum terbukti kebenarannya.

Bentuk Perut Ibu Hamil

Mitos yang menyebutkan tanda ibu hamil anak perempuan adalah bentuk perut ibu hamil. konon katanya apabila bentuk perut ibu tinggi atau lebar ke tengah maka disimpulkan ibu sedang mengandung bayi perempuan. Hal ini tentu saja tidak ada hubungannya antara bentuk perut dengan kelamin bayi yang dikandung.

Peting untuk diketahui bahwa bentuk perut ibu hamil tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin janin yang dikandung. Namun lebih karena dipengaruhi oleh bentuk tubuh ibu sebelum mengandung dan faktor usia kandungan.

Mual Dan Muntah

Sebagian wanita hamil akan mengalami gejala mual dan muntah-muntah, biasanya terjadi pada trimester pertama. rasa mual dan ingin muntah berlebihan disebut dengan istilah hiperemesis gravidarum yang diduga karena hormone Human Chorionic Gonadotropin B-HCG

Tanda ini bisa dibenarkan karena berdasarkan penelitian kadar B-HCG pada wanita yang sedang hamil anak perempuan kadarnya lebih tinggi dibandingkan jika mengandung bayi laki-laki.

Posisi Tidur

Mitos berikutnya adalah jika janin yang dikandung anak perempuan, sang ibu cenderung tidur dengan posisi miring ke kanan. Pendapat ini tidak terbukti kebenarannya karena bagi wanita yang sedang hamil tidur dalam posisi miring lebih nyaman dibandingkan dengan posisi terlentang, karena perut yang semakin membesar. Posisi tidur miring ke kiri memang dianjurkan oleh ibu yang hamil terutama saat usia kandungan semakin besar.

Detak Jantung Janin

Mitos selanjutnya adalah detak jantung janin jika berkisar 160 atau lebih dianggap janinnya berkelamin perempuan. Sedangkan jika bayi laki-laki detak jantungnya lebih rendah yaitu berkisar 120x/ menit.

Mitos tersebut tidak terbukti kebenarannya, karena detak jantung ibu hamil dipengaruhi oleh kondisi fisik janin itu sendiri.misalnya jika keadaan fisik janin menurun akibat kondisi kesehatan ibunya bisa menyebabkan detak jantung meningkat.

Dandanan Ibu Berantakan

Mitos selanjutnya berhubungan dandanan ibu yang berantakan saat hamil dianggap janinnya akan lahir perempuan. Mitos tersebut tidak dapat dipegang kebenarannya karena dandanan dan kecantikan ibu hamil tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi.

Ngidam Makanan Asam

Konon katanya ibu yang hamil bayi perempuan akan ngidam makanan asam. Tentu saja hal ini tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi yang akan dilahirkan. Untuk mengetahui pasti apakah janin yang dikandung perempuan atau tidak, caranya adalah bisa dengan tes USG.

 Seputar Mitos Dan Fakta Tanda Hamil Bayi Perempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *