Serba-serbi Mengenai Flu yang Harus Anda Tahu

Flu atau influenza merupakan infeksi virus, infeksi ini menyerang sistem pernapasan terdiri dari tenggorokan, paru-paru dan hidung. Gejala dari influenza yang sering dirasakan seperti demam, batuk-batuk, pegal-pegal, sakit kepala dan sakit tenggorokan. Masa inkubasi influenza termasuk singkat. Anda akan mengalami gejala satu sampai 3 hari sesudah pertama kali terinfeksi. Masa dimana influenza paling menular adalah hari saat gejala mulai muncul sampai 7 hari berikutnya. Banyak yang mengira influenza seperti pilek karena kemiripan gejala tetapi anggapan ini tidak tepat. Jenis virus yang menyebabkan influenza beda dengan pilek biasa.

Pada dasarnya, penanganan dokter tidak terlalu dibutuhkan untuk sebagian besar kasus influenza, karena penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Beberapa langkah pengobatan di rumah bisa dilakukan seperti mengkonsumsi banyak air minum serta menjaga tubuh menjadi tetap hangat. Anda juga dapat mengkonsumsi ibuprofen atau paracetamol yang bisa dibeli bebas di apotek untuk mengurangi rasa pegal. Anda tidak perlu mengkonsumsi antibiotik karena obat ini hanya dibutuhkan ketika kondisi tubuh kurang sehat karena bakteri, sedangkan influenza disebabkan oleh virus.

Influenza jarang menyebabkan komplikasi serius, walaupun demikian, resiko terkena komplikasi akibat flu cukup tinggi di kalangan manula, ibu hamil, anak-anak, penderita penyakit serius atau kronis dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun. Dapat menular melalui butiran liur yang dikeluarkan oleh penderita saat bersin atau batuk. Selain itu benda-benda yang telah terkontaminasi virus influenza dapat menjadi media penularan. Langkah utama mencegah penyakit influenza dengan menjaga kebersihan. Jangan lupa mencuci tangan sebelum makan, untuk pengguna kendaraan umum, sangat disarankan mengenakan masker ketika berpergian.

Baca Juga: Tips Mencegah Flu dengan Mudah Saat Musim Penghujan

Seperti yang sudah dijelaskan, influenza biasanya tidak perlu ditangani dokter. Anda dapat mengobati kondisi ini di rumah. langkahnya dengan cukup istirahat dan cukup mengkonsumsi sayuran. Meningkatkan konsumsi cairan adalah langkah penting sehingga kita bisa terhindar dari dehidrasi yang menjadi komplikasi influenza. Saat Anda influenza dan mengalami dehidrasi, tubuh bisa kehilangan cairan, garam dan gula. Anda bisa mencoba mengkonsumsi cairan yang memiliki kandungan gula dan ion agar cairan di dalam tubuh tetap seimbang.

Terdapat 2 jenis antivirus yang sekarang ini banyak digunakan untuk mengatasi influenza yakni oseltamivir serta zanamivir. Tetapi, manfaat dan efek samping dua obat ini masih menjadi perdebatan sampai sekarang ini. beberapa penelitian menunjukkan jika tamiflu kurang efektif untuk menurunkan komplikasi fluSelain itu sekitar 50% dari penderita yang mengkonsumsi obat ini menunjukkan efek samping yang cukup serius seperti persarafan, sistem pencernaan dan yang lainnya. Anda bisa mengkonsultasikan pada dokter bila terdapat komplikasi serius, agar dokter segera memberikan penanganan yang tepat dan tidak mengakibatkan kondisi tubuh Anda menjadi semakin buruk.

 

Be Sociable, Share!
 Serba-serbi Mengenai Flu yang Harus Anda Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *