Siapkan Makanan Sehat Bayi dengan 4 Kiat Berikut Supaya Tetap Bernutrisi

Kehadiran buah hati tentu semakin membahagiakan hati Anda dan pasangan, maka merawat si kecil dengan baik menjadi kebutuhan. Mulailah dengan memperhatikan asupan si kecil sebab tidak semua makanan khusus bayi memberikan manfaat besar dan bisa jadi berbahaya. Selektif dalam memilih makanan sehat bayi akan membantu setiap orangtua menawarkan nutrisi terbaik bagi tumbuh kembang si kecil. Bayi yang baru lahir memang idealnya diberi ASI secara eksklusif, jika sudah 6 bulan ke atas baru ibu bisa memperkenalkan makanan padat sebagai pendamping ASI.

Kiat Cerdas Memilihkan Makanan Sehat Bagi Bayi

Makanan bayi memang tidak bisa dipilih secara sembarangan, butuh ketelitian dalam memperhatikan kualitas bahan makanan sampai kandungan nutrisinya. Memastikan asupan si kecil sudah tergolong sehat maka simak kiat cerdas berikut untuk memilih makanan terbaik:

  • Memilih bahan makanan alami dan segar,

Menyiapkan makanan untuk si kecil baiknya mempergunakan bahan makanan alami dan dalam kondisi segar. Lebih cocok dan memang dianjurkan memperkenalkan bayi kepada buah dan berbagai jenis sayuran supaya terbiasa dan kandungan nutrisinya maksimal.

  • Awali dengan makanan yang mudah dihaluskan,

Sayur dan buah tertentu memerlukan usaha ekstra untuk menjadikannya aman masuk ke mulut si kecil. Semua bahan makanan sehat bayi baiknya dihaluskan, dibuat bubur, dan semacamnya supaya mudah dicerna perut bayi. Misalnya Anda berencana memperkenalkan jagung pada bayi berusia 10 bulan, maka rebus dulu jagung tersebut kemudian dihaluskan memakai blender. Gigi bayi yang belum tumbuh sempurna dan kemampuan mengunyah yang terbatas menjadi alasan lain mengapa perlu menghaluskan bahan makanan yang dipilih.

  • Perkenalkan pada satu bahan makanan sehat,

Ketika memperkenalkan makanan semi padat pada bayi Anda maka usahakan untuk memperkenalkan satu per satu. Misalnya hari ini memberikan buah pisang yang dilumatkan maka besoknya bisa memperkenalkan buah apel yang telah di blender atau diparut. Dianjurkan untuk tidak menambahkan perasa baik garam maupun gula, biarkan rasa makanan tersebut utuh secara alami. Tujuannya untuk memberikan rasa alami dan melindungi sistem cerna bayi sekaligus mengurangi asupan perasa makanan sebab kurang aman bagi pencernaan bayi.

  • Utamakan mengolah makanan bayi sendiri,

Banyak sekali orangtua yang sibuk bekerja dan masih mengalami baby blues memilih cara praktis membeli makanan bayi instan. Memang super gampang membuatnya cukup mengambil satu atau dua sendok, seduh air panas, aduk sebentar, dan sudah bisa disuapkan ke mulut si kecil. Namun kandungan nutrisinya tentu tidak sebaik jika Anda memberikan makanan segar buatan sendiri. Membuat makanan bayi sebenarnya mudah tidak perlu berurusan dengan penyedap apalagi rempah-rempah. Memberikan jaminan sudah menyediakan makanan sehat bayi maka buatlah sendiri dan gunakan bahan berkualitas.

 

 Siapkan Makanan Sehat Bayi dengan 4 Kiat Berikut Supaya Tetap Bernutrisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *