Simak 4 Jenis Mainan Bayi yang Tepat untuk Diberikan Kepada Sang Buah Hati Anda

Bagi bayi dan anak-anak bermain menjadi kegiatan yang tidak hanya menyenangkan akan tetapi juga menjadi kegiatan untuk belajar. Sebaiknya orangtua mulai menjadikan mainan bayi sebagai satu diantara sekian keperluan perlengkapan bayi yang harus disediakan di rumah. Bayi baru lahir tentu belum bisa bergerak banyak dan melihat jauh namun perlahan menjelang usia 3-4 bulan biasanya orangtua sudah bisa memperkenalkan mainan kepadanya. Namun jangan sembarang mainan, jenis mainan anak di pasaran ada banyak dan tidak semuanya cocok diberikan kepada bayi.

Kenali Jenis Mainan Wajib untuk Bayi Anda

Nah, maka akan muncul pertanyaan bagaimana memilihkan mainan yang tepat untuk bayi? pertanyaan ini tentu akan mudah dijawab asalkan orangtua paham jenis mainan yang wajib dikenalkan ke si kecil sejak usia bayi. Berikut adalah beberapa pilihannya:

  • Pilih mainan yang bisa digenggam si kecil,

Melihat jenis mainan yang cocok untuk bayi bisa dengan mencari jenis mainan yang nantinya bisa dan aman digenggam si kecil. Dianjurkan memilih mainan yang ringan, tidak terlalu besar, dan tentunya agak lunak atau empuk. Bayi akan terangsang untuk memegangnya sehingga bisa berdampak baik bagi motorik si kecil.

  • Pastikan warnanya cerah dan menarik,

Mainan untuk diberikan atau diperkenalkan pada si kecil saat masih di usia bayi tentu akan kurang cocok jika warnanya terlalu lembut dan gelap. Pilih warna yang mencolok dan terang, semakin kaya warna semakin baik. Misalnya mainan bayi dari karet berbentuk bintang, bola, dan sejenisnya yang berwarna-warni menjadi pilihan menarik. Sehingga bayi Anda akan merasa tertarik untuk mendekati dan memegang mainan tersebut meskipun belum bisa belajar merangkak atau berjalan sendiri.

Baca Juga: Tips Memberi Mainan Bayi yang Bisa Memberikan Manfaat Lebih

  • Mainan yang bisa mengeluarkan musik,

Bayi sejak lahir memang cenderung belum bisa mendengar dengan jelas, menginjak usia 2-3 bulan umumnya bayi sudah mulai mengenali suara di sekelilingnya. Tentu amat baik menyediakan mainan khusus bayi yang bisa mengeluarkan suara. Guna melatih kemampuan indra pendengaran si kecil, dan pilihannya di toko mainan ternyata sangat banyak. Lebih disarankan mainan yang mengeluarkan musik sebab irama yang muncul lebih lama dan baik untuk dijadikan rangsangan indra pendengaran dibanding bunyi sekilas-sekilas.

  • Mainan gantung menjadi pilihan terbaik,

Bayi yang belum bisa berdiri dan berjalan tentu akan sangat cocok diperkenalkan dengan mainan gantung. Umumnya mainan ini diletakan di atas ranjang khusus si kecil atau mungkin di ayunan tempatnya ditidurkan. Mainan gantung umumnya memiliki model lucu dan warna memikat ditambah ada bunyi lucu ketika digerakkan. Si kecil akan mencoba meraih mainan tersebut sehingga bisa membantunya belajar berdiri lebih cepat. Saat belanja perlengkapan bayi, jangan lupa belanja satu atau dua macam mainan bayi yang terbaik untuk si kecil.

Be Sociable, Share!
 Simak 4 Jenis Mainan Bayi yang Tepat untuk Diberikan Kepada Sang Buah Hati Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *