Simak Dulu 4 Tips Ini Sebelum Memberi Vaksin Bayi Agar Tidak Salah

Simak Dulu 4 Tips Ini Sebelum Memberi Vaksin Bayi Agar Tidak Salah

Pemberian vaksin bayi memang wajib dan sudah dilakukan sejak si kecil baru lahir kemudian secara bertahap mendapatkan vaksinasi berikutnya. Jenis vaksin yang wajib didapatkan anak sejak lahir cukup banyak dan masing-masing sudah dibagi untuk rentan usia tertentu. Pastikan saat masih hamil Anda sudah mendapatkan informasi mengenai jenis dan jadwal pemberian vaksinasi pada bayi maupun saat si kecil sudah memasuki fase usia anak-anak. Sebab dengan vaksin inilah orangtua bisa membantu si kecil melawan serangan penyakit sejak dini.

Simak Dulu 4 Tips Ini Sebelum Memberi Vaksin Bayi Agar Tidak Salah

Tips Sebelum Memberikan Vaksinasi

Ketika jadwal vaksinasi anak sudah di depan mata biasanya ibu akan merasa was-was, khawatir si kecil menangis saat di suntik vaksin dan setelahnya mengalami demam. Meski normal namun tetap ada resiko maka lakukan beberapa tips berikut sebelum vaksinasi dilakukan agar lancar dan si kecil nyaman:

  • Membuat janji imunisasi dan konsultasi,

Sebelum melakukan vaksinasi ke bidan ataupun dokter anak pastikan sudah membuat janji dulu, sehingga jadwal vaksinasi jelas lengkap dengan jamnya. Bayi tentu mudah sekali bosan sehingga menunggu terlalu lama di puskesmas, klinik, atau rumah sakit malah membuatnya rewel. Jadi buat janji dulu dan lakukan konsultasi misal menginformasikan si kecil punya alergi pada apa saja dan punya penyakit apa pada petugas.

  • Pastikan si kecil dalam kondisi sehat,

Saat pemberian vaksin bayi usahakan si kecil dalam kondisi sehat bukan sedang demam ataupun menderita gangguan kesehatan lainnya. Sebab ketika vaksinasi dilakukan maka artinya tubuh si kecil akan dimasuki bakteri dan virus tertentu yang sudah dijinakkan namun tetap bekerja sebagaimana parasit masuk ke tubuh. Maka si kecil akan mudah lelah dan bahkan demam usai vaksinasi, jadi pastikan sebelumnya dalam kondisi sehat dengan memberi waktu istirahat lebih lama.

  • Menyediakan paracetamol,

Nyaris semua bayi usai mendapatkan vaksinasi jenis apapun akan mengalami demam, dan kondisi ini terbilang normal. Meski begitu bukan berarti demam yang dialami tak perlu ditangani dengan baik dan serius. Sebab demam pada bayi jika suhunya terlalu tinggi bisa menyebabkan step dan gangguan kesehatan serius lainnya. Ada baiknya menyiapkan obat dan perlengkapan untuk mengatasi demam pada bayi sebelum vaksinasi dilakukan. Termasuk obat mengandung paracetamol untuk menurunkan demam dan perlengkapan kompres.

  • Berikan asupan bernutrisi,

Menjaga kesehatan si kecil sebelum dan sesudah mendapatkan vaksinasi sangat penting, terutama sebelumnya. Usahakan selain memberi waktu istirahat lebih banyak agar tubuh si kecil prima saat pemberian vaksin dilakukan. Juga menjaga asupan nutrisinya terpenuhi dengan baik, berbekal makanan kaya nutrisi ini maka tubuh si kecil lebih kuat. Bisa jadi usai pemberian vaksin bayi tetap akan mengalami demam namun hanya sebentar dan setelahnya si kecil aktif kembali.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan