Suami, Inilah Peran Anda Pada Masa Kehamilan Istri

Pada masa kehamilan istri, suami tetap memiliki peran yang penting untuk kesehatan fisik dan psikis sang istri. Di satu sisi, kehamilan merupakan masa yang sangat menyenangkan, namun di sisi lain, ini juga menguras fisik dan mental, khususnya sang istri yang mengandung.

Meskipun terlihat sepele, sebenarnya peran suami pada masa kehamilan istri hingga persalinan terbilang cukup berat. Suami harus bisa mengatasi berbagai persoalan, mulai dari emosi istri yang berubah-ubah dan sensitifitasnya yang meningkat hingga tekanan dan ujian dari pihak luar.

Berikut ini, beberapa peran penting suami pada masa kehamilan istri.

  1. Beri dukungan dan perhatian

Sebagai suami, Anda harus bisa memberikan dukungan, perhatian, dan kasih sayang yang lebih daripada biasanya kepada sang istri, karena pada masa kehamilan banyak perubahan yang terjadi pada diri istri Anda. Fisiknya menjadi semakin gendut dan emosinya berubah-ubah akibat perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuhnya.

Perubahan-perubahan di atas kadang membuat kepercayaan diri istri Anda berkurang. Apalagi jika Anda kurang memberikan dukungan dan perhatian. Itu bisa membuat istri merasa depresi dan stres yang tentunya dapat membahayakan kesehatan istri dan calon anak yang ada dalam kandungannya.

Jadi, selama masa kehamilan luangkanlah banyak waktu untuk mengobrol dengan istri dan membicarakan perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Sesekali rayu dan puji istri untuk menumbuhkan kembali rasa percaya dirinya. Berikan sentuhan-sentuhan lembut pada perut istri untuk mempererat hubungan Anda dengan istri dan calon anak yang ada di dalam kandungannya

Baca Juga : Trik Mengatasi Beberapa Keluhan Pada Masa Kehamilan

  1. Dampingi Istri

Pendampingan suami memiliki efek yang besar bagi keselamatan istri dan calon anak. Meski Anda dilanda kelelahan karena telah bekerja seharian, Anda tetap harus meluangkan waktu untuk mendampingi istri Anda. Saat hamil kegiatan istri semakin bertambah, mulai dari mengerjakan pekerjaan rumah tangga hingga mengikuti kelas senam hamil. Selelah apa pun, Anda harus meluangkan waktu untuk membantunya menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan mengantarnya ke pengajian, kelas senam hamil, dokter, dan berbelanja keperluan melahirkan dan perlengkapan bayi. Selain dapat menjaga keselamatannya, pendampingan ini akan mengeratkan hubungan Anda dengan istri dan calon anak dalam kandungan.

Pada saat persalinan, pendampingan dari suami juga sangat penting. Menurut penelitian, calon ibu yang ditemani suaminya pada saat melahirkan akan lebih jarang depresi pasca melahirkan. Ini juga dapat membuat waktu persalinan menjadi lebih singkat.

  1. Jaga dan perhatikan kesehatan istri

Pada masa kehamilan terkadang istri merasa malas makan, terutama pada trimester pertama. Karena itu suami harus selalu memperhatikan asupan makanannya. Selalu ingatkan istri untuk mengonsumsi makanan sehat dan menghindari berbagai macam kegiatan yang dapat membahayakan kandungannya.

Terakhir, kebanyakan suami sering acuh tak acuh merokok di depan istri yang sedang hamil. Ingat, asap rokok tersebut dapat membahayakan istri Anda dan kandungannya. Jadi, mulailah kurangi atau hentikan kebiasaan merokok Anda mulai dari sekarang!

Be Sociable, Share!
 Suami, Inilah Peran Anda Pada Masa Kehamilan Istri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *