Sunat bayi laki-laki

Sunat adalah proses sedikit pemotongan bagian pada alat vital pria. Ada banyak jenis dan metode sunat yang bisa dipilih dan utamanya dilakukan oleh laki-laki baik ketika bayi ataupun saat ia menjelang sekolah. Ketika melakukan sunat, laki-laki akan memilih umur yang lebih muda dan ditunggu siap terlebih dahulu. Banyak laki-laki memilih sunat saat masih di sekolah dasar, tetapi ada juga orangtua yang memutuskan untuk sunat bayi laki-laki semenjak dini. Terutama untuk bayi laki-laki yang mengalami indikasi terkena fimosis. Sehingga dokter akan menyarankan ia untuk di sunat saat bayi. Selain untuk mengatasi fimosis, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan sunat saat masih bayi seperti berikut ini:

  • Tidak perlu bujukan atau hadiah dari orangtua

Salah satu hal yang menjadi rutinitas untuk laki-laki yang akan sunat adalah menunggu ia siap terlebih dahulu. Bahkan apabila anak laki-laki tidak juga siap mental hingga usia tertentu, maka orangtua akan memaksanya. Hal tersebut tentu saja akan tidak akan mengenakan untuk anak laki-laki karena akan semakin takut. Sehingga orangtua akan menawarkan hadiah dan menuruti kemauan anak laki-laki sebagai solusinya. Apabila orangtua memilih sunat pada bayi laki-lakinya saat masih bayi maka hal tersebut tidak perlu terjadi. Orangtua hanya perlu untuk membawa bayi ke klinik tanpa perlawanan sehingga proses sunat tidak akan menjadi dramatis untuk kedua belah pihak.

  • Proses yang lebih simple

Apabila orangtua memutuskan untuk sunat bayi laki-laki ada keuntungan karena bayi tidak mengetahui apapun. Sehingga proses sunatnya juga akan lebih mudah karena bayi tidak menyadari yang terjadi tidak seperti ketika ia sudah cukup dewasa untuk mengerti proses sunat tersebut. Saat proses sunat bayi akan di sunat dengan cepat dan menangis hanya karena suntikan bius yang diberikan oleh dokter sebelum sunat. Sedangkan untuk prosesnya bayi tidak akan mengerti dan tidak mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah sunat.

Baca Juga: Keuntungan Sunat Bayi Laki-laki Menggunakan Laser

  • Proses penyembuhan lebih cepat

Dan keuntungan sunat ketika masih bayi adalah dapat lebih sembuh dengan cepat. Bayi belum banyak bergerak sehingga dapat untuk kering dan sembuh lebih cepat daripada untuk anak-anak lainnya. Rasa sakit yang terasa juga tidak akan kentara karena bayi belum mengerti. Untuk orangtua juga yang merawat juga akan lebih mudah pasca proses sunatan tersebut.

  • Bermanfaat mencegah berbagai penyakit sejak dini

Dan keuntungan terakhir melakukan sunat bayi laki-laki semenjak dini adalah dapat untuk mencegah penyakit. Ada banyak sekali penyakit yang dapat dicegah dari proses sunat ini terutama untuk resiko penyakit kelamin. Seperti berkurangnya resiko terkena infeksi pada saluran kemih, kanker penis, kanker serviks pada pasangan kelak, penyakit pada seksual yang menular. Sehingga memang akan lebih baik untuk anak laki-laki di sunat semenjak dini.

Be Sociable, Share!
 Sunat bayi laki-laki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *