Susu Formula Bayi Bisa Berpengaruh Bagi Kecerdasan Buah Hati

Salah satu faktor penentu kecerdasan bayi adalah asupan nutrisi yang diperoleh bayi tersebut. Meskipun tidak ada yang menandingi nutrisi dari ASI namun seiring pertumbuhan bayi, dia tidak dapat mengonsumsi nutrisi hanya dari ASI. Perlu ada tambahan nutrisi lain seperti karbohidrat, vitamin dan protein lainnya. Salah satu cara memberikan nutrisi tersebut pada bayi yang sedang bertransisi dari ASI adalah dengan mengonsumsi susu formula bayi.

Menurut riset mengonsumsi susu formula dapat meningkatkan kecerdasan buah hati. Namun kandungan apa saja yang berpengaruh bagi kecerdasan:

  • DHA

DHA adalah kandungan yang bermanfaat untuk perkembangan otak, kandungan DHA telah direkomendasikan oleh badan WHO dan FAO agar dimasukkan dalam komposisi susu formula.

  • Omega 3 dan Omega 6

Omega 3 dan 6 merupakan sejenis asam lemak yang tidak dapat dihasilkan dari tubuh. Fungsi dari omega 3 dan 6 untuk memelihara kesehatan rambut dan kulit, hormon dan mencegah sel rusak.

  • AHA

AHA adalah kandungan yang terdapat pada ASI yang berguna untuk pembentukan jaringan otak sehingga sering disebut zat yang membantu kecerdasan bayi.

  • LA

Merupakan sejenis asam lemak yang berguna bagi perkembangan otak dan mental bayi, memiliki fungsi yang berintegerasi dengan AA dan DHA.

Dengan kandungan-kandungan yang telah dijelaskan kita bisa memilih susu formula apa yang beredar di Indonesia sesuai kandungan yang sesuai untuk buah hati kita. Mari kita lihat beberapa merek susu formula bayi yang beredar di Indonesia apakah telah memiliki kandungan seprti yang diyakini WHO mencerdaskan otak bayi.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Seputar Susu Formula Bayi

  • Nutrilon

Nutrilon merupakan susu formula yang terdiri dari: Nutrilon, Nutilon Gold, Nutrilon Soya dan Nutrilon Royal. Masing-masing memiliki manfaat yang berbeda. Nutrilon Soya mengklaim bahwa di dalam komposisinya terdapat kandungan omega 3 dan 6.

  • Lactogen

Pada merek Lactogen, produsen susu formula ini tidak kandungan bagi perkembangan otak seperti yang telah kita bahas namun memiliki kandungan GOS/FOS yang berfungsi mempertahankan fungsi pencernaan dan terdapat kandungan zat besi untuk mencegah anemia.

  • Pediasure

Komposisi susu formula Pediasure tidak memuat kandungan-kandungan seperti yang tercantum di atas. Namun merek ini mengklaim bahwa susu ini dapat digunakan sebagai suplemen makanan, memiliki kandungan sinbiotik untuk menjaga fungsi pencernaan dan menyerap nutrisi dilengkapi dengan probiotik yang merupakan bakteri baik untuk system pencernaan.

  • Bebelac

Bebelac tidak memiliki kandungan seperti yang kita bahas, namun merek ini memiliki kandungan yang sama dengan susu formula merek Lactogen.

Kalau begitu bagaimana cara memilih susu formula yang terbaik? Caranya adalah yang paling penting susu tersebut cocok dikonsumsi oleh bayi, tidak membuat gangguan pencernaan harga yang mahal juga bukan merupakan suatu jaminan bila susu tersebut paling bagus kualitasnya. Adanya kandungan AA, DHA dan sebagainya seperti yang telah disebutkan di awal bukan factor penentu bahwa merek susu formula tersebut yang paling baik.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih susu formula apakah bayi memiliki alergi terhadap susu formula atau alergi protein susu sapi. Bila terdapat alergi susu maupun protein, segera hentikan konsumsi susu formula Anda dan konsultasikan ke dokter agar diberikan komposisi susu yang sesuai dengan keadaan si bayi.

Sebenarnya semua susu formula bayi yang beredar resmi memiliki kandungan gizi yang sama karena sudah ditentukan oleh standard RDA. Susu yang terbaik bagi anak adalah susu yang cocok dengan kata lain saat dikonsumsi tidak terjadi gangguan pencernaan.

Be Sociable, Share!
 Susu Formula Bayi Bisa Berpengaruh Bagi Kecerdasan Buah Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *