Tahap Pada Pertumbuhan Gigi Bayi yang Harus Diketahui

Tahap Pada Pertumbuhan Gigi Bayi yang Harus Diketahui

Bayi merupakan makhluk kecil yang ditunggu kehadirannya oleh orangtua dalam suatu keluarga. Sehingga ketika sudah mendapatkan bayi maka orangtua akan berusaha untuk mengabadikan setiap momen pertumbuhannya untuk mengumpulkan kenangan. Selain itu juga pertumbuhan bayi sendiri sangat cepat sehingga jarang sekali berasa dan akan bisa untuk memberikan banyak hal. Salah satu pertumbuhan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah tumbuhnya gigi bayi. Pertumbuhan gigi pada bayi sendiri sebenarnya sudah dimulai semenjak ada dalam kandungan tetapi belum muncul.

Tahap Pada Pertumbuhan Gigi Bayi yang Harus Diketahui 

Sama seperti gigi pada dewasa, pertumbuhan gigi pada bayi akan dimulai dengan beberapa gigi terlebih dahulu hingga nantinya giginya lengkap. Seperti yang diketahui gigi yang dipunyai dibagi menjadi jenis-jenis tertentu. Adapun jenis-jenis gigi yang harus diketahui adalah sebagai berikut:

  • Gigi seri merupakan jenis pertama yang merupakan gigi di bagian depan rahang atas dan juga bagian bawah. Dimana gigi seri ini akan muncul secara bersamaan dan berfungsi untuk dapat menggigit makanan.
  • Gigi taring merupakan jenis selanjutnya yang mempunyai ciri dengan bentuknya yang lancip. Gigi ini berada pada gigi seri dan mempunyai fungsi untuk memotong makanan.
  • Gigi graham depan merupakan jenis gigi selanjutnya yang mempunyai fungsi untuk menghancurkan makanan.
  • Gigi graham belakang adalah gigi yang dapat mempunyai fungsi untuk menghancurkan makanan dan mempunyai ukuran lebih besar daripada jenis gigi graham depan.

Untuk pertumbuhan gigi bayi sendiri akan bervariasi pada anak. Dimana pada umumnya untuk tahap pertumbuhan gigi saat adalah sebagai berikut:

  • Pada usia 5 bulan akan tumbuh gigi pertama dan biasanya menyebabkan gusi yang membengkak dan kemerahan.
  • Pada usia 6 bulan juga merupakan tahap pertumbuhan pertama dan akan muncul dua gigi seri yang ada di bagian rahang bawah.
  • Pada usia 7 bulan akan muncul gigi seri depan dan juga bisa diberikan makanan padat.

Sedangkan untuk pertumbuhan gigi pada anak adalah sebagai berikut:

  • Pada usia 14 bulan akan tumbuh gigi graham yang pertama dan biasanya muncul ketika usia 12 hingga 15 bulan.
  • Pada usia 18 bulan akan tumbuh gigi taring pada anak.
  • Pada usia 24 bulan akan tumbuh gigi graham di bagian depan dan juga belakang.
  • Pada usia 2-3 tahun akan sudah mempunyai gigi hampir lengkap.
  • Pada usia 4 tahun akan muncul gigi susu.

Pada tahap pertumbuhan gigi bayi seperti di atas sendiri merupakan perkiraan yang umumnya terjadi. Sehingga bisa menjadi patokan mengenai waktu tumbuhnya gigi pada bayi dan juga anak. Tetapi ketika tidak tepat waktu juga orangtua tidak perlu khawatir karena setiap anak akan mempunyai pertumbuhan yang berbeda-beda. Sedangkan yang perlu dikhawatirkan hanya ketika anak tidak muncul pertumbuhan gigi hingga ia berusia 1 tahun.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan