Tahapan Psikologi Bayi Sehat Hingga Usia 6 Tahun

Tahapan Psikologi Bayi Sehat Hingga Usia 6 Tahun

Pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh berbagai macam faktor dan secara umum ada faktor internal dan eksternal. Pertumbuhan dan perkembangan tersebut akan mempengaruhi anak dari kecil hingga dewasa dan biasanya dipengaruhi oleh lingkungan tempat ia tinggal serta sifat yang ada di dalam dirinya. Dalam psikologi terdapat istilah yang menggambarkan mengenai hubungan kondisi kesehatan baik mental ataupun emosional dengan kondisi sosial. Anak atau bayi sehat akan sangat berpengaruh pada bagaimana ia akan tumbuh kedepannya baik secara fisik ataupun psikis atau psikologis.

  Tahapan Psikologi Bayi Sehat Hingga Usia 6 Tahun

Psikososial meliputi aspek psikologi dan sosial. Jika seseorang, mempunyai mental yang sehat maka akan bereaksi secara positif untuk berbagai macam situasi yang berbeda. Terdapat tingkatan dalam psikososial mulai dari anak-anak, bahkan bayi, hingga dewasa usia 65 tahun ke atas. Seseorang memiliki kondisi psikososial yang sehat ditandai dengan:

  • Rasa positif terhadap diri sendiri.
  • Nyaman di sekitar orang lain.
  • Mampu mengendalikan kecemasan dan ketegangan.
  • Mampu menjaga pandangan ataupun pikiran yang positif dalam hidup.
  • Mempunyai rasa syukur bahkan untuk hal yang sederhana.
  • Menghormati dan menghargai alam serta lingkungan sosialnya.

Bayi sehat bisa terlihat langsung misalnya bagaimana pertumbuhannya baik fisik ataupun psikologisnya. Salah satu akibat bayi yang mengalami psikologis yang kurang bagus adalah keterlambatan berbicara walaupun tidak semua keterlambatan berbicara disebabkan karena kondisi psikisnya, ataupun bayi yang kerap menangis jika bersentuhan atau kontak dengan orang tertentu.

Menurut Erixson, terdapat 3 tahapan psikososial hingga anak berusia 6 tahun. Pertama adalah harapan antara kepercayaan vs ketidakpercayaan atau rasa tidak percaya diri yang dialami oleh anak usia 0-18 bulan. Tahapan dasar ini, bayi akan mulai merasakan dunia dengan indra seperti mulut, telinga, mata bahkan sentuhan. Keluarga terutama ibu memiliki peranan yang sangat penting untuk pertumbuhan serta perkembangan anak. Hal ini disebabkan karena bayi memiliki ketergantungan akan sentuhan emosional dan jika tidak mendapatkan perawatan baik secara emosional maka bayi merasa tidak aman dan jika hal tersebut terus berlangsung maka anak akan memiliki rasa takut dan ketidakpercayaan diri yang tinggi. 

2 tahapan psikologis yang lain untuk bayi sehat yang berusia 8 tahun hingga anak usia 6 tahun yaitu: 

  • 8 bulan hingga 3 tahun, tahapan keinginan: Kemandirian vs rasa malu dan ragu. Di tahapan ini anak mengembangkan kontrol akan konsentrasi dan rasa yang kuat. Salah satu tahapan penting menurut Ericson adalah latihan BAK dan BAB serta mengenakan pakaian sendiri.
  • 3-6 tahun, tujuan: Inisiatif vs rasa bersalah. Di usia ini, anak mengembangkan rasa inisiatif dan mulai untuk mencari interaksi sosial dengan kemauan sendiri dan dibantu keluarga. Penguasaan akan yang dilakukan, mempengaruhi fantasi dan kemampuan bahasa sehingga anak akan mencoba untuk merasakan perasaan seperti rasa bersalah.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan