Tanda Balita Sehat

Orang tua wajib mengenali tanda balita sehat dan pandai agar perkembangan dan pertumbuhan sang anak lebih baik. Orang tua juga nanti bisa mengarahkannya kepada hal-hal yang bermanfaat yang akan berpengaruh terhadap kesuksesannya kelak saat mengarungi kehidupannya.

Tanda balita sehat dapat dikenali dari penampilan fisik dan mental sang anak, tentunya dalam tolok ukur anak. Dengan mengenali tanda-tanda ini kita sebagai orang tua akan bisa mengenali dan menggali potensi anak kita sendiri.

Balita sehat tidak terlepas dari peran serta orang tua dalam memberikan asupan nutrisi yang cukup, baik dalam masa kehamilan maupun masa keemasan pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, pola pengasuhan, pendidikan, dan kasih sayang dari orang tua turut menentukan kesehatan anak. Jadi, apakah balita Anda sehat? Mari kita periksa dengan 7 kriteria berikut ini. Kriteria-kriteria ini hanya beberapa bagian yang mudah dipantau dan diamati langsung pada balita.

Lincah dan aktif

Balita sehat adalah balita yang ceria dan dinamis. Mereka akan terus bergerak dan berceloteh. Itu karena anak yang sehat memiliki otot-otot tubuh yang lentur sehingga mudah untuk bergerak dan luwes dalam menggerakkan seluruh sendi tubuhnya. Jadi, Anda sebaiknya waspada jika anak Anda tiba-tiba lesu karena mungkin kesehatannya sedang terganggu.

Bahagia dan responsif

Balita sehat biasanya merespons lewat tatapan matanya saat diajak bicara. Jadi Anda harus selalu menstimulasi anak dengan mengajak anak berbicara pada setiap kesempatan—saat makan, bermain, atau bepergian. Biasakan selalu melakukan kontak mata pada balita Anda saat mengajaknya berkomunikasi.

Baca Juga : Kandungan Susu Formula untuk Balita Sehat

Rambut tidak mudah kusam dan rontok

Balita sehat memiliki rambut hitam dan tidak mudah rontok. Jadi, Anda harus waspada bila rambut balita Anda mudah rontok, berwarna agak kemerahan, dan tampak selalu kusut dan kusam. Bisa jadi itu adalah tanda bahwa anak Anda kekurangan zinc dan zat gizi tertentu.

Gigi tampak putih cemerlang

Balita sehat memiliki gigi yang putih dan cemerlang. Jika dalam usia kurang lebih 12 bulan (1 tahun) gigi pertama balita Anda belum tumbuh, ia mungkin kekurangan zat kalsium.

Gusi merah muda, tidak mudah berdarah

Gusi balita sehat akan berwarna merah muda dan tidak mudah berdarah. Gusi dan gigi yang sehat  membuat mulut terawat dan tidak berbau busuk. Jika gusi anak mudah sekali berdarah, balita Anda mungkin kekurangan vitamin C.

Kuku berwarna merah muda dan tidak rapuh

Kondisi kuku ini menunjukkan bahwa balita Anda tidak mengalami anemia (kurang darah) atau defisiensi zat besi.

Kulit bersih dan mudah sembuh dari luka

Kulit mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bila kondisi tubuh balita Anda sehat dan fit, luka pada kulitnya akan sembuh dengan cepat.

Be Sociable, Share!
 Tanda Balita Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *