Temukan Cara Membuat Mainan Penuh Kreativitas di Rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

( Foto  : Bang Good )

Bagi seorang anak tidak ada permainan yang lebih menyenangkan dibandingkan permainan yang dimainkan bersama orang tua. Bahkan menurut Bunda Elly Risman seorang Psikolog Anak mengatakan bahwa mainan terbaik untuk seorang anak usia dini adalah tubuh ayah dan ibunya. Dengan begitu berarti yang terpenting adalah keberadaan dan peranan dari orangtua ketika kegiatan bermainan berlangsung. Untuk itu bagi para orangtua perlu rasanya memikirkan agenda permainan apa saja yang akan dilakukan bersama sang anak. Mungkin bisa mempraktikan cara bikin squishy, cara membuat mainan dari barang bekas, atau kegiatan lainnya.

 

Oleh karena itu dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara membuat mainan sederhana di rumah :

Membuat Slime tanpa Lem Fox,

Bahan yang harus disiapkan ;

400 ml Air Bersih,

2 Gelas Tepung Kanji,

2 sendok the Pewarna Makanan,

150 gr Minyak Goreng

Cara membuat :

Masukkan tepung kanji ke dalam baskom, lalu tambahkan air perlahan sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Tambahkan minyak goreng hingga mengental, lalu tambahkan pewarna ke dalam adonan.

 

 

 

 

 

 

 

( Foto : Youtube )

Cara membuat squishy sederhana,

Bahan yang disiapkan ;

Sponge yang bisa didapatkan dari busa yang sudah tidak dipakai,

Double tape,

Tissue,

Lem Fox,

Pewarna

Cara Membuat :

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu bentuk squishy apa yang ingin dibuat. Setelah itu bentuk sponge menjadi bentuk yang diinginkan menggunakan gunting. Setelah sponge sudah terbentuk, lapisi secara merata seluruh bagian sponge dengan double tape. Setelah seluruh permukaan rata tertutup double tape, lapisi kembali dengan tissue.

Campurkan lem fox dengan bahan pewarna sesuai dengan bentuk dan design yang diinginkan. Setelah tercampur dengan baik, terapkan cat tersebut pada permukaan sponge yang telah tertutup rata oleh tissue.

Untuk cara lain membuat squishy dapat di cek di link ini : https://review.bukalapak.com/mom/bikin-diy-squishy-di-rumah-ibu-bisa-siapkan-5-bahan-sederhana-ini-38200

 

Membuat Playdough buatan rumah

    Bermain playdough baik untuk melatih motorik halus anak. Namun para orangtua seringkali khawatir dengan kandungan zat kimia yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu untuk meminimalisir kekhawatiran, playdough dapat dibuat di rumah dengan bahan-bahan sederhana.

Bahan – bahan yang dibutuhkan ;

1 cangkir tepung jenis apapun,

¼ cangkir garam,

½ cangkir air hangat,

3 sampai 5 tetes pewarna makanan.

Cara membuat :

Campurkan tepung dan garam dalam satu wadah, tambahkan air hangat dan pewarna makanan. Aduk dan uleni menggunakan tangan hingga kalis atau memiliki permukaan selayaknya playdough.

 

Bom Plastik berisi cat warna warni,

Bahan-bahan yang dibutuhkan ;

Plastik dengan zip lock,

Tepung Kanji,

Pewarna Makanan atau Cat Air,

Baking Soda,

Cuka,

Tissue makanan atau tissue toilet.

Cara membuat ;

Campurkan tepung kanji dengan cuka dan pewarna. Masukan campuran tersebut ke dalam plastik hingga terisi 1/3 bagiannya. Secara terpisah ambil selembar tissue dan taruh baking soda di bagian tengahnya. Bungkus baking soda hingga berbentuk bulat seperti bom. Masukkan bom tissue berisi baking soda ini ke dalam plastik yang telah terisi campuran tepung dan cat. Tutup plastic dengan rapat.

Kocok plastic dengan keras sampai plastic mengembang secara perlahan, hingga meledak dengan sendirinya beberapa menit kemudian.

 

Itulah keempat cara membuat mainan dengan bahan sederhana di rumah. Walaupun sederhana, namun bisa memunculkan keseruan pada saat bermain. Dengan begitu waktu yang dihabiskan bersama akan terasa sangat berkualitas.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan