Tetap Produktif Selama Masa Kehamilan

Melakukan aktifitas di saat hamil mungkin dirasa berat bagi sebagian besar wanita. Janin yang terus berkembang memang membuat berat badan dan bentuk tubuh wanita hamil naik dan berubah secara drastis, sehingga wanita hamil mesti menyesuaikan diri untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan normal yang biasa dilakukannya setiap hari di saat sebelum kehamilan, misalnya menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Tidak sedikit pula wanita hamil yang dituntut tetap bekerja di saat sedang mengandung. Hal tersebut tentu merupakan sesuatu yang berat karena tidak mudah mengatur emosi dan kondisi tubuh di saat hamil untuk tetap bekerja. Berikut ini kiat-kiat yang bisa dilakukan wanita hamil agar tetap produktif selama masa kehamilan.

Tidur Teratur dan Tepat Waktu

Ketika hamil, tubuh wanita bekerja selama 24 jam penuh dalam rentang waktu selama masa kehamilan, yaitu sekitar 9 bulan 10 hari. Sistem metabolisme yang terus bekerja penuh tersebut harus diimbangi dengan istirahat yang cukup dan teratur. Tanpa tidur yang cukup, tubuh akan lebih mudah cepat lelah. Dan kelelahan yang diakibatkan oleh kurang tidur ini akan berdampak pada mood atau emosi ibu hamil sehingga lebih perasa dan cenderung mengeluhkan hal-hal sepele. Tidur paling efektif bagi wanita adalah tidur yang terjadwal, setidaknya sehari tiga kali, yaitu tidur malam, pagi, dan siang. Tidur malam hendaknya dilakukan tepat waktu, jangan lebih dari jam 9 (sembilan) malam. Bangun lebih bagi, yaitu sekitar jam 4 pagi sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk dapat merasakan udara segar sehingga tubuh mendapatkan energi positif.

Baca Juga : Kiat Menjalani Masa Kehamilan di Trimester Akhir

Pada pagi hari, ibu hamil disarankan beristirahat atau tidur meskipun sebentar, kurang lebih selama 30-60 menit. Jangan tidur pagi terlalu lama karena justru akan membuat badan lebih mudah lelah dan emosi lebih mudah labil karena terjaga di waktu ketika matahari mulai meninggi. Pada siang hari, setelah jam makan siang, ibu hamil juga disarankan untuk tidur siang selama 60-90 menit agar badan lebih segar setelah pada pagi hari melakukan kegiatan rumah tangga. Penelitian membuktikan bahwa istirahat sebentar selama beberapa kali lebih efektif dalam mempertahankan produktifitas dibandingkan dengan istirahat sekali dalam waktu lama. Beristirahat sebentar pada pagi dan siang hari dapat membantu mengatasi kelelahan selama masa kehamilan.

Menyesuaikan Beban Kerja dengan Kondisi Tubuh

Selama masa kehamilan, memang lebih mudah emosi dan kondisi fisiknya dapat naik turun secara drastis. Untuk itu, wanita hamil harus bijak dalam memilih beban kerja dengan menyesuaikan dengan kondisi dan irama tubuhnya. Hanya wanita hamil yang benar-benar mengerti apakah dirinya sedang lelah atau sedang fit dan bugar. Pilihkan pekerjaan yang relatif ringan ketika tubuh dan emosi tidak stabil, dan pilihlah pekerjaan yang berat jika kondisi fisik dan emosi memungkinkan. Yang terpenting, buatlah tubuh agar senyaman mungkin ketika bekerja, mulai dengan posisi duduk yang tepat hingga mengatur suhu ruangan yang disesuaikan dengan suhu tubuh.

Be Sociable, Share!
 Tetap Produktif Selama Masa Kehamilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *