Tidak Hanya untuk ASI, Khasiat Daun Katuk untuk Asam Urat juga Luar Biasa

(Foto: Pelapak)

Daun katuk sudah sangat akrab di telinga masyarakat terlebih para ibu-ibu yang telah memiliki anak. Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui sudah tidak diragukan lagi. Bahkan sayur daun katuk bening sudah menjadi menu wajib para Ibu menyusui dari masa ke masa. Namun tahukah Anda bahwa ternyata daun katuk juga bermanfaat untuk mengobati penyakit Asam Urat?

Asam urat merupakan penyakit pada sendi yang dapat menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh. Beberapa bagian tubuh yang biasanya mengalami rasa sakit karena asam urat adalah jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, tangan, pergelangan tangan, dan siku. Asam urat dapat dideteksi dengan gejala-gejala yang mungkin timbul seperti rasa nyeri sendi yang datang secara mendadak dan biasanya terasa di pagi hari, sendi terasa bengkak dan lunak, sendi berwarna kemerahan, dan rasa panas yang terasa di sekitar sendi.

Penyebab dari asam urat adalah terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung purin, seperti hati, ampela, usus dan paru sapi, aneka makanan laut dan daging merah.  Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan jenis diuretik serta aspirin, kelebihan berat badan, serta faktor genetik.

 

(Foto: Pengen Sehat)

Sedangkan daun Katuk merupakan tanaman yang terdapat di Asia Tenggara. Bentuknya berupa daun kecil berwarna hijau gelap, dengan panjang sekitar lima sampai 6 centimeter. Tergolong dalam tumbuhan menir-meniran yaitu berkerabat dengan menteng, buni, dan ceremai. Kandungan daun katuk dipercaya dapat bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat. Kandungan-kandungan penting yang ada di dalam daun katuk di antaranya ;

  1. Protein,
  2. Serat Kasar,
  3. Vitamin A, B, C dan K,
  4. Mineral seperti kalsium, besi, kalium, fosfor dan magnesium.
  5. Efedrin

Kandungan Efedrin di dalam daun katuk inilah yang diyakini mampu menimbulkan manfaat daun katuk untuk asam urat. Hal itu karena kandungan ini mampu mengurangi pembengkakan pada sendi. Efedrin biasanya digunakan untuk mengobati masalah pernapasan, asma dan pembengkakan atau hidung mampet.

Lalu bagaimana caranya mengobati asam urat dengan daun katuk ?

Untuk mendapatkan khasiat alami dari daun katuk untuk asam urat, cukup dengan cara merebus 150 gr daun katuk yang masih segar dengan air putih beberapa menit hingga air mulai kehijauan. Saring hingga airnya tertampung di dalam segelas air. Lalu obat alami asam urat dari daun katuk siap untuk dikonsumsi.

Selain untuk mendukung produksi ASI dan mencegah gejala Asam Urat, daun katuk juga bermanfaat untuk ;

  • Mencegah Osteoporosis,
  • Menjaga kesehatan mata,
  • Mengatasi Flu,
  • Meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak,
  • Mencegah Anemia,
  • Sebagai detoksifikasi karena kandungan klorofilnya yang tinggi,
  • Mengatasi Hipertensi,
  • Menurunkan resiko kanker payudara,
  • Mengatasi masalah kulit.

Daun katuk sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Serupa dengan mengolah daun katuk untuk ASI, daun ini dapat diolah selayaknya mengolah sayur bayam, yaitu dijadikan sayur bening dengan aksesoris jagung manis, dan bumbu-bumbu bawang merah dan bawang putih. Atau bahkan dapat diblender seperti halnya jus, yaitu dengan mencampurkan 150 gram daun katuk bersama dengan 150 ml air dan 1 sendok makan madu.

Sebagai catatan bahwa dengan mengkonsumsi daun katuk tidak bisa mengobati penyakit asam urat secara keseluruhan. Mengonsumsi daun katuk hanya membantu dalam mengurangi gejala dan risiko asam urat.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan