Tidur Memakai Bantal Bayi Berbahaya untuk Si Kecil, Benarkah Demikian?

Seperti yang sudah diketahui jika sebagian besar waktu bayi digunakan untuk tidur. Namun seiring dengan pertumbuhan bayi, maka nantinya waktu tidur itu akan berkurang dengan sendirinya. Itulah mengapa setiap orang tua wajib memberikan tempat yang nyaman untuk si kecil menghabiskan waktu tidurnya. Menggunakan kasur empuk, bantal bayi hingga selimut hangat pasti ada di pikiran setiap orang tua demi si kecil bisa tidur dengan nyenyak, padahal faktanya tidak demikian.

Banyak sekali mitos di masyarakat yang menyebutkan jika penggunaan bantal akan berdampak pada pembentukan kepala bayi sehingga bisa berbentuk bundar. Namun ternyata banyak sekali pakar kesehatan yang justru tidak menyarankan bayi ditidurkan di kasur yang empuk dan menggunakan bantal sampai dirinya berusia dua tahun. Beberapa alasan ini akan menjadikan Anda berpikir kembali untuk menggunakan bantal kepada si kecil:

  • Bantal bisa berpotensi mengundang bahaya mulai dari tersedak hingga sesak nafas.
  • Apabila bantalnya robek, maka isi bantal akan bisa keluar dimana beresiko masuk ke hidung dan mulut bayi yang menjadikannya tersedak.
  • Terkadang menggunakan bantal juga menjadikan bayi sulit membalik ataupun memutar kepala ke sisi lain saat dia muntah atau gumoh sehingga justru meresikokan bayi tersedak muntahannya sendiri.
  • Bantal pun dikaitkan dengan sindrom kematian mendadak (SIDS) pada bayi.

Pada dasarnya SIDS ini adalah jenis kematian yang tidak bisa terjelaskan dimana umum terjadi saat bayi tidur. Biasanya fenomena ini terjadi saat bayi berumur kurang dari satu tahun. Memang penyebabnya belum bisa diketahui dengan pasti, namun biasanya SIDS dihubungkan dengan tidak normalnya porsi otak bayi yang mampu mengontrol napas dan bangun dari tidurnya. Teori lainnya adalah bayi bisa terkena SIDS jika tidur tengkurap, apalagi jika bayi tidur di kasur terlalu empuk dan menggunakan atau di dekat bantal bayi. Hal ini lantaran adanya sekat di mulut bayi sehingga hembusan napas terjebak.

Baca Juga: Menilik Beberapa Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Pemakaian Bantal Bayi yang Tidak Tepat

Sebetulnya menggunakan bantal untuk bayi diperbolehkan saja, namun ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini

  • Jauhkan bantal dari bayi ketika dirinya tidur di malam hari atau ketika dirinya sedang tak ada pengawasan.
  • Bantal bisa digunakan untuk tidur siang, namun Anda harus mengawasinya.
  • Apabila bayi sedang tidur dengan bantalnya, maka ambil bantal dengan perlahan sehingga dia tidak perlu tidur memakai bantal.
  • Usahakan memilih bantal dengan ukuran kecil, kukuh serta dengan sarung halus. Pilih juga isian bantal yang rendah resiko alergi.

Bantal bayi bisa jadi sarang bakteri dan kuman, jadi pastikan selalu dibersihkan secara berkala. Setelah Anda tahu informasi ini, maka diharapkan jika Anda bisa lebih bijak dalam menentukan yang terbaik untuk si kecil sehingga dirinya nyaman dan selamat.

Be Sociable, Share!
 Tidur Memakai Bantal Bayi Berbahaya untuk Si Kecil, Benarkah Demikian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *