Tips Agar ASI Eksklusif Keluar Dengan Lancar dan Sehat

ASI atau Air Susu Ibu adalah makanan bayi yang sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi lebih optimal. ASI eksklusif memiliki banyak manfaat untuk ibu dan buah hati karena di dalamnya mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan susu formula merk apapun tidak bisa menandingi kandungan nutrisi yang ada di dalam ASI.

Bagi Ibu memiliki ASI eksklusif yang sehat dan lancar adalah keinginan mereka. Namun kadang apa yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan. Tidak sedikit ibu mengalami gangguan saat menyusui, salah satunya air susu keluarnya sedikit.

Ada banyak faktor yang mempengarui produksi ASI. Salah satunya faktor hormone prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin mempengaruhi banyak tidaknya produksi ASI sedangkan hormone oksitosin mempengaruhi proses pengeluaran ASI.

Semakin banyak makanan bernutrisi yang dimakan maka semakin banyak hormone prolaktin, artinya semakin banyak produksi air susu. Oleh sebab itu mengapa ibu yang sedang menyusui disarankan untuk memperhatikan asupan makanan. Sedangkan hormone oksitosin dipengaruhi oleh sering atau tidaknya putting ibu dihisap oleh bayi. Semakin sering putting dihisap maka semakin banyak produksi hormone oksitosin.

Jika kedua hormone tersebut tidak lancar, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu keduanya bekerja optimal

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Seperti yang sudah dibahas di awal artikel, dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui bisa membantu produksi air susu ibu semakin banyak. Untuk mengetahui informasi mengenai nutrisi ibu hamil, Anda bisa mencarinya di artikel lain yang terdapat di situs ini yang  membahas secara spesifik mengenai jenis-jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil.

Baca Juga: Seputar Pembahasan Mengenai Pemberian dan Proses Mengolah Makanan Bayi yang Tepat

Frekuensi Bayi Menyusui

Semakin sering bayi menyusui maka semakin banyak produksi ASI yang dihasilkan. Artinya jika bayi jarang menyusui bisa menyebabkan ASI yang diproduksi berkurang dan menyebabkan rasa sakit di sekitar payudara.

Jika bayi jarang menyusui dan ada waktu ibu tidak bisa sering-sering memberikan ASI agar produksi ASI tidak berkurang caranya bisa dengan memompa payudara dengan alat khusus pompa ASI.

Hindari Stess atau Gangguan Psikologis

Saat menyusui ibu harus meminimalisir gangguan psikis, seperti stress yang bisa mengakibatkan produksi ASI terhambat. Ini disebabkan karena kondisi pikiran tegang, cemas. Faktor kejiwaan bisa menyebabkan ASI berkurang, oleh sebab itu saat ibu menyusui pastikan selalu dalam kondisi yang tenang  dan rileks.

Merawat Payudara

Selain tergantung asupan nutrisi, menjaga dan merawat payudara saat menyusui juga sangat penting. Ada banyak bayi yang tidak mau menyusui gara-gara payudara ibu kendor dan lembek. Oleh karena itu lakukan perawatan disaat santai, caranya sangat mudah: pijat payudara dan bersihkan dengan menggunakan air hangat lalu dingin secara bergantian.

Demikian pembahasan mengenai cara agar ASI eksklusif keluar dengan lancar dan sehat. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!
 Tips Agar ASI Eksklusif Keluar Dengan Lancar dan Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *