Tips Agar Balita Sehat dan Tidak Mudah Sakit

Melihat balita sehat dan selalu ceria membuat hati orang tua bahagia, begitupun sebaliknya jika anak sakit pasti semua orang tua merasa sedih dan cemas. Keceriaan buah hati sirna karena penyakit yang menyerangnya membuat badan lemas, pusing dsb.

Anak balita lebih mudah terkena sakit dibandingkan orang dewasa hal tersebut karena sistem imun dan kekebalan tubuhnya belum kuat dibandingkan orang dewasa. Sistem imun berdungsi untuk menangkal bakteri, virus dan sumber penyakit masuk ke dalam tubuh. Selain itu balita mudah sakit karena faktor alam, misalnya: cuaca, pencemaran dan polusi lingkungan.

Sebagai orang tua sudah seharusnya mengupayakan dan melakukan pencegahan agar buah hati tidak mudah jatuh sakit. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan agar balita sehat dan tidak mudah terserang penyakit:

Perhatikan Kebersihan Tubuh

Kebersihan tubuh si kecil mempengaruhi kesehatannya. Seperti kita ketahui bahwa sumber kotoran, kuman dan bakteri terdapat pada sesuatu yang kotor. Itu sebabnya orang tua sudah seharusnya menjaga kebersihan tubuh si kecil. Ibu dituntut untuk membiasakan dan mengajarkan cara menjaga kebersihan, contoh yang paling sederhana: membiasakan anak mencuci tangan sebelum makan, mandi minimal 2 kali sehari, menggosok gigi min 3 kali sehari.

Baca Juga : Kenali Penyebab Anak Batita Susah Makan

 

Selain itu yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan kuku dan pakaian. Anak cenderung aktif bergerak ke sana kemari membuat tubuhnya mudah berkeringat. Sedangkan keringat bisa menimbulkan munculnya bakteri. Oleh sebab itu pastikan ibu selalu mengganti pakaian anak minimal 2 kali sehari.

Kebiasaan hidup sehat sejak dini membuat anak terbiasa hidup sehat hingga ia tumbuh dewasa.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dan Cairan

Tubuh balita masih membutuhkan asupan nutrisi yang berguna untuk membantu tumbuh kembangnya agar lebih optimal. Ibu harus memperhatikan bahan makanan, cara dan proses memasak makanan untuk si kecil. Pastikan peralatan masak, makanan sebelum diolah dicuci hingga bersih agar bakteri yang menempel hilang.

Selain asupan makanan, pastikan anak mendapatkan kebutuhan cairan. Cairan berguna membantu kerja organ tubuh, misalnya sistem pencernaan, sirkulasi aliran darah dan proses metabolisme lainnya. Jika tubuh mengalami cairan dikhawatirkan bisa terkena dehidrasi akibatnya balita mudah terkena penyakit.

Konsumsi Buah-Buahan dan Sayuran

Selain mengandung vitamin dan mineral, buah dan sayur juga mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan serat sistem pencernaan balita menjadi lancar dan terhindar dari sembelit. Ada banyak manfaat lainnya dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur yaitu sistem imun menjadi lebih kuat.

Selain itu biasankan anak berolahraga atau bergerak aktif. Dengan olahraga tubuh balita menjadi lebih sehat karena otomatis aliran darah mengalir dengan lancar. Demikian beberapa tips agar balita sehat, tidak mudah terserang penyakit. Memiliki buah hati yang aktif dan ceria membuat hari-hari Anda menjadi menyenangkan. Selamat mencoba!

Be Sociable, Share!
 Tips Agar Balita Sehat dan Tidak Mudah Sakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *