Tips Ajar Pendidikan Anak Usia Bayi

Tips Ajar Pendidikan Anak Usia Bayi

Mendidik bayi usia 1 tahun, Anda harus mulai hati-hati sebab pada usia ini buah hati mulai memahami yang diucapkan dan dilakukan orang di sekitarnya. Dengan rasa keingintahuan yang tinggi atas benda di sekitar, bayi pada usia ini perlu diperkenalkan dengan hal baru yang kelak penting bagi tumbuh kembangnya. Selain benda di sekitar, Anda juga bisa mulai menanamkan kedisiplinan dalam proses pendidikan anak. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan terhadap anak pada usia 1 tahun

Tips Ajar Pendidikan Anak Usia Bayi

Kenalkan dengan hal di sekitar

Rasa penasaran anak di usia 1 tahun bersamaan dengan kemampuannya untuk mulai berjalan dan mengenali benda yang ada di sekitar. Dalam proses pendidikan anak, anak mulai menyentuh barang yang dilewatinya. Ini menjadi saat yang tepat bagi orang tua untuk mengenalkannya dengan apa yang ada di dekatnya. Dengan memberi pengetahuan terkait apa saja yang ada di dekatnya semisal hewan peliharaan, tanaman, kolam atau benda lain bisa membuatnya mengenal lingkungan.

Sering ajak bicara

Ada beberapa anak usia 1 tahun yang lebih lancar bicara dulu dibanding berjalan ataupun sebaliknya karena proses perkembangan tiap anak yang berbeda. Hal ini pendidikan anak di tahap sangat wajar. Jika anak Anda termasuk yang senang mengoceh, inilah kesempatan Anda untuk mengajaknya ngobrol untuk membuatnya mengenal kosakata baru yang semakin merangsangnya agar lancar berbicara. Jangan malas menanggapi celotehan anak, sebab ini adalah tanda bahwa anak memiliki rasa keingintahuan yang lebih. Manfaatkan dengan baik agar menstimulasi kecerdasannya.

Latih Buang Air Kecil

Latihan pipis di kamar mandi bergantung pada bagaimana cara orang tua dalam mengajarinya. Orang tua baiknya sabar dan telaten supaya anak dapat melakukan hal-hal baru. Usia 12 bulan harusnya anak sudah tidak mengenakan popok lagi, sebab pemakaian popok terlalu lama dapat memicu iritasi hingga kelainan postur. Biasakan anak pipis sebelum tidur untuk mengurangi penggunaan popok serta ajarkan ia untuk memberi tahu kepada Anda apabila ia ingin pipis. Pendidikan anak melalui kebiasaan semacam ini terbilang cukup efektif untuk membentuk kepribadiannya.

Jaga perilaku Anda di hadapan anak

Ada beberapa anak yang memiliki type pembelajar visual dimana ia lebih mudah memahami hingga meniru apa yang mereka lihat. Pada usianya tersebut, kemampuan ini akan mulai berkembang dengan pesat. Mereka cepat belajar dari apa yang dilihat di sekitarnya, utamanya perilaku orang tua. Usahakan tidak melakukan hal buruk semisal buang sampah sembarangan, menendang peliharaan hingga berbicara kasar. Hal ini agar ia tidak merekam hal tersebut sebagai hal yang wajar dan boleh ia lakukan.

Sebaliknya, Anda dapat mengisi pendidikan anak dengan melakukan hal dan kebiasaan yang baik. Jika dilakukan dengan benar, jangan kaget jika suatu ketika Anda dikejutkan oleh apa yang dicapai oleh buah hati Anda. Selain halnya kedisiplinan dan tanggung jawab, ia juga akan memiliki kebiasaan baik yang memudahkannya di masa depan.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan