Tips Alami Mengatasi Bayi Obesitas

Banyak orang tua yang menyukai bayinya gemuk karena selain lucu, bayi gemuk kadang dijadikan tanda bayi sehat.  Seperti yang sudah kita ketahui orang yang terkena obesitas tidak hanya anak-anak dan orang dewasa saja, namun juga bayi. Ada beberapa cara mengatasi bayi obesitas, lebih jelasnya simak artikel berikut ini:

Faktor Dan Cara Penanganan Obesitas Pada Bayi

Ada banyak faktor yang menyebabkan bayi terkena obesitas, salah satunya adalah karena faktor genetic atau keturunan. Namun faktor yang berperan penting menjadi penyebab kelebihan berat badan adalah pola makan yang berlebihan tidak dibarengi dengan aktivitas fisik.

Faktor yang disebabkan karena pola makan misalnya porsi makanan yang terlalu berlebihan dengan jenis makanan yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat. Cara menangani bayi dan anak-anak yang terkena obestitas adalah dengan mengatur pola makan, mengawasi kandungan nutrisi yang dikonsumsi, menerapkan kebiasaan sehat lainnya. Berikut ini beberapa cara menangani bayi obesitas alami dengan mengkonsumsi dan menghindari beberapa jenis makanan.

  1. Jenis makanan yang disarankan:
  • Bayi dan anak-anak yang mengalami obesitas disarankan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi, lemak yang rendah contohnya sayuran dan buah-buahan.
  • Sebaiknya makanan diproses dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang dan hindari makanan diolah dengan cara digoreng.
  1. Jenis makanan yang harus dihindari:

Selain memperhatikan makanan yang disarankan dan yang menjadi pantangan, cara menangani obesitas alami lainnya adalah dengan mengubah pola kebiasaan dengan memperbanyak makanan yang mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayuran. Setelah makan biasakan minum air putih satu gelas.

Selain itu anjurkan anak untuk bermain jenis mainan yang membuat tubuhnya bergerak aktif, sehingga energi yang digunakan lebih banyak. Bayi yang diet harus disesuaikan dengan kebutuhan normal, agar perkembangan dan pertumbuhannya tidak terhambat. Jika bayi Anda diberi susu formula, sebaiknya jumlah botolnya dikurangi lalu selingi dengan air tawar.

Cara menangani bayi obesitas lainnya adalah tidak dianjurkan untuk menggendong bayi setiap saat, biarkan bayi Anda melakukan aktivitas yang membuatnya bergerak ke sana ke mari. Sedangkan anak pra sekolah kenaikan berat badannya harus diperlambat dengan cara diet seimbang dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung banyak kalori, selain itu dorong anak untuk melakukan aktivitas fisik.

Be Sociable, Share!
 Tips Alami Mengatasi Bayi Obesitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *