Tips Aman dalam Mencari Produk Perawatan Bayi untuk Kulit

Merawat bayi memang hal yang tidak mudah, terlebih kepada mereka yang baru saja memiliki anak pertama sehingga menjadi kali pertama dalam pengalaman merawat bayi. Salah satu bagian penting dalam merawat bayi adalah bagian kulitnya. Hal ini lantaran kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa dan lebih lembut sehingga perawatannya pun tidak boleh secara sembarangan. Jika orang tua salah dalam perawatan bayi khusus kulitnya, maka bukan tidak mungkin kulit bayi akan rusak dan kering.

Perawatan kulit bayi sebetulnya tidak terlalu banyak dan neko-neko karena sekedar butuh sabun, sampo, lotion, baby oil dan juga salep jika terjadi ruam popok. Jika Anda sedang mencari produk perawatan bayi untuk kulit, maka berikut ini beberapa tips untuk Anda yang perlu diperhatikan dengan benar:

  • Bebas pewarna dan pewangi. Hal pertama ini wajib untuk diperhatikan dengan benar. Pastikan baca label kemasan terlebih dulu dan jangan memilih produk yang mengandung pewangi dan pewarna karena bisa menyebabkan kulit bayi yang sensitif.
  • Beberapa produk perawatan untuk bayi ada yang bertuliskan antibakteri atau bahkan antimikroba. Ada baiknya Anda justru menghindari produk semacam ini karena kedua zat ini meski bisa membunuh kuman karena juga kurang baik bagi kulit si kecil.
  • Produk untuk bayi sebaiknya juga dihindarkan dari paraben serta kandungan phthalate karena zat tersebut adalah bagian dari pengawet dan pelembut. Kedua zat ini akan berbahaya ketika langsung terpapar ke kulit si kecil.
  • Jika Anda khawatir kulit si kecil akan sensitif, maka produk hypoallergenic bisa menjadi pilihan. Produk ini akan meminimalisir resiko si kecil terkena alergi pada produk.
  • Bebas alkohol juga diperlukan. Hal ini karena alkohol akan membuat kulit bayi menjadi cenderung kering dan bisa memperbesar resiko untuk teriritasi. Oleh karena itu ada baiknya jika menghindari produk dengan kandungan alkohol. Namun ada juga jenis alkohol yang tidak akan mengiritasi seperti cetearyl alcohol dan fatty alcohol dimana keduanya tidak mudah membuat kulit teriritasi.
  • Pahami pH pada setiap produknya. Kadar pH ini menunjukkan kadar asam atau alkaline yang ada di produk. Kulit bayi umumnya hanya butuh pH 7 yaitu pH netral ke pH 5 atau sedikit asam. Jadi sesuaikan pH produknya.
  • Produk perawatan dengan bahan yang alami akan lebih baik untuk si kecil. Memang meski kini pasti sangat sulit untuk mendapat produk 100% alami, maka yang bisa diusahakan hanya bahan kimia seminimal mungkin.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih produk perawatan bayi khusus kulitnya. Memberikan produk yang aman untuk si kecil selain bagus untuk kulit dan kesehatannya, orang tua pun akan merasa lebih tenang.

 

 Tips Aman dalam Mencari Produk Perawatan Bayi untuk Kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *