Tips Diet Ibu Hamil yang Harus Dipahami

Diet ibu hamil bisa menjadi solusi untuk ibu yang berat badannya terlalu berlebih. Berat badan bertambah saat kehamilan adalah hal yang wajar. Saat hamil tubuh memerlukan asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi karena resiko kesehatan janin dan ibu akan berkurang karena sudah mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang.

Berat badan saat hamil idealnya bertambah sekitar 12-15 kilogram. Oleh sebab itu ibu harus lebih teliti dan hati-hati memilih makanan dan memperhatikan kandungan gizi pada setiap makanan. Usahakan selama kehamilan ibu makan makanan yang nutrisinya seimbang, jangan kurang maupun lebih.

Jika kurang, ibu dan janin di dalam kandungan bisa kekurangan gizi sedangkan jika terlalu berlebihan ibu dan janin beresiko terkena diabetes dan hipertensi. Jika kondisi tubuh mengalami kenaikan yang terlalu besar, Anda bisa konsultasikan ke dokter kandungan. Biasanya dokter akan memberikan beberapa masukan untuk mengurangi berat badan tanpa mengganggu kesehatan janin.

Baca Juga : Pantangan Saat Masa Kehamilan, Bukan Mitos!

Salah satu contohnya adalah dengan melakukan diet. Diet ibu hamil bukan jenis diet yang menyiksa tidak makan dsb. Diet yang menyiksa bisa membahayakan kondisi ibu dan janin yang ada di dalamkandungan.

Berikut adalah poin-poin penting diet pada waktu hamil yang bisa Anda jadikan rujukan

  1. Diet selama kehamilan bukan mengurangi makan namun mengatur pola dan menu makan yang seimbang. Asupan gizi dan nutrisi harus cukup memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Untuk memudahkan mengatur pola makan, caranya bisa membuat daftar susunan makanan dengan penjelasan kandungan gizi pada setiap makanan. Hal tersebut membantu Anda mengkonsumsi makanan yang teratur dan terjaga.
  2. Konsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan berserat membantu sistem pencernaan sehingga lemak tidak menumpuk terlalu lama di dalam tubuh. Hindari makanan yang manis dan mengandung lemak jahat.
  3. Proses makanan dengan cara memasak yang tepat, untuk ibu hamil bisa menggunkan cara memasak dengan dikukus, direbus atau dipanggang karena lemak yang terdapat di dalam makanan tidak banyak dan nutrisinya tetap terjaga. Jika memasak dengan cara digoreng, gunakan minyak yang rendah lemak.
  4. Olah raga dan minum air putih secara teratur sangat penting saat menjalannkan program diet, karena tubuh tetap bugar dan segar. Pilih jenis olahraga yang ringan, yang aman untuk Janis misalnya: jalan kaki, senam atau yoga. Sedangkan minum air putih sebaiknya minimal 8 gelas perhari. Air putih mencegah tubuh terkena dehidrasi dan mengontrol keinginan untuk makan.
  5. Ganti cemilan dengan buah-buahan, selain bagus untuk diet buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan

Demikian poin penting diet ibu hamil yang bisa Anda jadikan rujukan. Ingat, ibu hamil tetap harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi seimbang. Semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!
 Tips Diet Ibu Hamil yang Harus Dipahami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *