Tips Memilih Aksesoris Bayi Tanpa Membuat Kantong Melilit

Tips Memilih Aksesoris Bayi Tanpa Membuat Kantong Melilit

Bagi wanita yang sedang hamil tentunya sangat menantikan kelahiran buah hatinya dengan berbagai macam persiapan. Salah satu persiapan yang wajib dilakukan adalah menyiapkan berbagai macam kebutuhan perlengkapan dan aksesoris bayi. Pada wanita yang baru hamil pertama kali mungkin masih bingung apa saja perlengkapan pokok yang harus ada sehingga cenderung berbelanja diluar budget yang sudah ditargetkan. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri karena wanita cenderung tertarik dengan barang-barang yang lucu dan menggemaskan. Untuk dapat mengontrol kantong Anda agar tidak melilit, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Memilih Aksesoris Bayi Tanpa Membuat Kantong Melilit

Tips Hemat Memilih Aksesoris Bayi

  • Membuat list belanja

Saat masih hamil, disarankan untuk membuat daftar kebutuhan perlengkapan bayi yang akan dibeli dengan rinci dan teliti, khususnya pakaian, kebutuhan menyusui, perlengkapan mandi, furnitur di ruang bayi, dsb. Pastikan pula untuk berbelanja sesuai dengan daftar yang telah dibuat.

  • Hitungan jumlah belanjaan sesuai dengan kebutuhan

Setelah membuat daftar belanjaan, hitunglah dengan teliti. Jika jumlahnya diatas target maka harus list ulang.  Sebagai contohnya Anda tentukan berapa kali mencuci pakaian dalam seminggu, misalkan Anda akan mencuci seminggu sekali, maka jumlah pakaian yang disediakan yakni 7 setel dikalikan 2. Mengapa demikian? Karena bayi sering berganti pakaian dalam sehari akibat tumpahan susu, buang air kecil, buang air besar, dan sebagainya.

Selanjutnya, belilah botol susu sebanyak 3 hingga 8 buah, hal ini bergantung dengan seberapa sering Anda menstrerilkan botol susu bayi Anda. Selain itu semakin banyak botol akan mempermudah Anda dalam menyediakan susu untuk bayi.

  • Belilah ukuran pakaian bayi dengan 1 nomor di atasnya

Bagi para ibu-ibu, disarankan untuk membeli pakaian maupun aksesoris bayi dengan satu ukuran di atasnya. Untuk mengukur pakaian bukan didasarkan pada umurnya melainkan berat badan dan tingginya. Maka harus lebih teliti ya bunda.

  • Belilah diaper ¬†atau popok yang sesuai

Pastikan untuk membeli diaper atau popok bayi dibawah usia satu bulan dengan ukuran newborn dan nomor 1 karena bayi baru lahir mungkin memiliki bobot yang cukup besar dan tidak menggunakan diaper newborn dalam jangka yang lama.

  • Membeli keperluan pokok bayi dalam jumlah yang banyak

Pembelian aksesoris bayi ataupun keperluan pokok lebih baik dalam jumlah banyak karena akan lebih murah. Usahakan untuk membeli di toko grosir

  • Rajin berburu barang diskon

Jika sedang banyak diskon yang ditawarkan, manfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin.

  • Pinjam dari orang lain

Beberapa aksesoris bayi yang bersifat tambahan dapat meminjam dari orang lain atau saudara agar tidak menambah pengeluaran Anda. Misalnya seperti: stroller atau kereta dorong, ranjang bayi, alat penghangat botol susu, dsb.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan