Tips Memilih Bak Mandi Bayi & Memilih Mainan yang Aman Saat Mandi

Mandi merupakan aktivitas yang menyenangkan dan merupakan tahapan penting merawat kebersihan dan kesehatan tubuh bayi. Mandi merupakan rutinitas yang paling mendasar. Oleh karena itu Anda harus menyiapkan perlengkapan mandi, salah satunya adalah bak mandi bayi.

Tips Memilih Bak Mandi yang Aman dan Nyaman

Bak mandi adalah salah satu perlengkapan mandi bayi yang perlu Anda siapkan. Bak mandi khusus bayi didesain dengan mempertimbangkan standar keamanan. Selain keamanan Anda juga harus mempertimbakan kenyamanan sebab ada juga bayi yang tidak suka diajak mandi.

Maka dari itu sebelum membeli bak mandi bayi ada baiknya Anda mengetahui beberapa poin yang harus diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bak mandi untuk bayi sebaiknya terbuat dari bahan plastik. Selain ringan dan kuat bak mandi bahan plastik lebih aman digunakan. Sebaiknya pilih bak mandi yang bahan plastiknya jenis polypropylene karena lebih awet dan aman walaupun sudah berkali-kali terkena air panas. Selain itu plastik polypropylene tidak mudah melengkung dan menggunakan bahan yang aman.
  2. Selain itu poin penting yang harus dijadikan bahan pertimbangan adalah bagian bawah atau kaki bak. Karena kamar mandi biasanya licin dan becek pilih kaki atau alas bak yang bahannya karet. Karet terbukti anti slip sehingga bak tidak mudah bergeser sehingga aman saat digunakan.
  3. Pastikan permukaan bak tidak kasar karena bisa menggores kulit bayi yang masih sensitive dan halus. Perhatikan pula permukaannya apakah teksturnya licin atau tidak. Jangan pilih permukaan bak yang licin karena bisa membuat bayi mudah tergelincir.

Tips Mainan yang Cocok Sebagai Teman Mandi

Bayi yang umurnya 6 bulan ke atas biasanya senang saat berada di bak mandi. Ia senang memainkan air dan menggeliat di bak mandi. Agar ia lebih tenang saat mandi Anda bisa memberikan mainan sebagai teman mandi. Adapun mainan yang cocok saat mandi adalah mainan yang terbuat dari plastik tidak menyerap air dan ringan. Mainan yang terbuat dari karet juga bisa dijadikan pilihan, tapi pilih yang tidak memiliki rongga karena dapat menghisap air kedalam mainan.

Baca Juga : Inilah Tips Memandikan Bayi Baru Lahir & Perlengkapannya

Saat ini banyak pilihan jenis dan model bak mandi di pasaran Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan. Jika budget dana Anda terbatas, bak mandi dengan model yang sederhana bisa dijadikan pilihan. Namun jika budget dana Anda lebih tidak ada salahnya memilih bak mandi yang sudah dilengkapi fasilitas lain, seperti: alat pengukur suhu air, tempat duduk, tempat menyimpan mainan dsb.

Jangan lupa membersihkan bak mandi bayi secara rutin. Bak mandi sangat rentan terhadap masalah jamur dan noda. Mandi di bak yang aman dan bersih membuat aktivitas mandi menjadi lebih menyenangkan.

Be Sociable, Share!
 Tips Memilih Bak Mandi Bayi & Memilih Mainan yang Aman Saat Mandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *