Tips Memilih Boneka Bayi Yang Berkualitas Dan Aman

Memiliki anak merupakan anugrah yang terindah, oleh sebab itu banyak orang tua yang berusaha agar anaknya selalu senyum dan bahagia. Salah satunya adalah dengan memberikan mainan. Sekarang sudah banyak mainan untuk bayi, salah satu mainan yang disukai adalah boneka bayi yang unik dan lucu.

Memilih boneka untuk anak apalagi masih bayi/ balita tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan, contohnya menyesuaikan dengan usia bayi. Hal ini penting dilakukan karena berhubungan dengan keamanan dan tepat guna. Berikut ini tips memilih boneka yang berkualitas dan aman untuk bayi.

Bahan Yang Berkualitas Dan Aman

Di pasaran sudah banyak jenis boneka dengan beragam bahan. Hindari memilih boneka yang bahannya mengandung kimia. Selain itu hindari boneka yang menggunakan aksesoris seperti: gelang atau kalung, karena bayi akan tertarik dan menariknya atau memasukkan ke dalam mulut karena dianggap makanan.

Jangan memilih boneka yang berburu dan mudah rontok karena berbahaya untuk bayi. Pilih boneka yang menggunakan bahan lembut dan kuat jahitannya. Pastikan boneka mudah dicuci dan tidak mudah kempes saat selesai di cuci. Pastikan isi bagian dalam  adalah bahan yang aman seperti: dakron. Hindari memilih boneka yang isinya terdiri dari kain perca dan busa-busa sisa.

Pastikan bahannya tidak mudah luntur dan tahan lama atau awet. Jika ingin memilih boneka yang ada hiasannya, sebaiknya pilih yang ornamennya dari bordiran dan bagian wajahnya terbuat dari bahan yang tidak mudah lepas.

Sesuaikan Ukuran Boneka Dengan Ukuran Tubuh Bayi

Membeli boneka yang aman adalah menyesuaikan denganukuran tubuhnya. Ukuran boneka yang terlalu besar bisa membuat bayi takut. Selain itu bayi cenderung penasaran dan berusaha menggendong boneka, hal ini dapat membahayakan bayi.  

Boneka yang ukurannya terlalu kecil juga berbahaya karena bayi bisa menggigit bahkan menelan boneka. Jadi sebaiknya pilih boneka bayi yang ukuran panjangnya minimal seukuran tangan bayi dan besarnya tidak melebihi badan bayi.

Pilih Boneka Sesuai Dengan Jenis Kelamin Bayi

Menurut penelitan, pemilihan jenis boneka dapat mempengaruhi karakter bayi di kemudian hari. Jadi sebaiknya pilih boneka yang sesuai dengan jenis kelaminnya. Jika buah hati Anda berjenis kelamin laki-laki bisa berikan boneka binatang atau tokoh kartun laki-laki. Sedangkan jika anak Anda berjenis kelamin perempuan, bisa berikan boneka kartun wanita atau hewan.

Sesuaikan Boneka Dengan Usia Bayi

Mainan untuk bayi atau anak-anak bukan hanya sekedar bermain saja, namun dapat melatih kecerdasan dan merangsang perkembangan buah hati Anda. Oleh sebab itu memilih boneka sebaiknya disesuaikan dengan usia dan perkembangannya. Misalnya jika buah hati Anda masih balita bisa pilih boneka yang warnanya mencolok. Selain itu untuk mempertajam pendengarannya bisa pilih boneka bayi yang bisa mengeluarkan suara.

 Tips Memilih Boneka Bayi Yang Berkualitas Dan Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *